Aplikasi Truth Social Donald Trump kini tersedia di Google Play Store

Aplikasi Truth Social Donald Trump kini tersedia di Google Play Store


Butuh waktu sekitar dua bulan bagi Truth Social untuk memperbarui kebijakannya sebelum akhirnya disetujui di Play Store.

Aplikasi Truth Social Donald Trump kini tersedia di Google Play Store
Sumber: CNBC

Truth Social, aplikasi media sosial Trump, sekarang tersedia di Google Play Store. Sebelumnya, aplikasi ini tidak memenuhi syarat karena kebijakan moderasi konten yang tidak memadai pada Agustus 2022.

Google mengklaim aplikasi tersebut tidak memiliki sistem yang efektif untuk memoderasi dan melarang konten buatan pengguna (UGC) seperti ancaman fisik dan seruan kekerasan.

‚ÄúPada 19 Agustus, kami memberi tahu Truth Social tentang beberapa pelanggaran terhadap kebijakan Standar Pengiriman Aplikasi mereka saat ini dan menegaskan kembali bahwa sistem yang efektif untuk memoderasi konten buatan pengguna adalah persyaratan dari Persyaratan Layanan kami untuk aplikasi apa pun yang dihosting di Google Play. ‘ kata Google ketika aplikasi itu dilarang dari Play Store.

Menurut Google, aplikasi yang menghosting UGC harus memiliki beberapa kebijakan moderasi konten untuk mencegah konten ilegal. Ini juga membutuhkan aplikasi untuk melaporkan konten dan pengguna yang dapat ditindaklanjuti, dan sistem untuk mengambil tindakan terhadap mereka.

Namun, aplikasi ini tidak dilarang atau dibatasi di App Store Apple dan tersedia untuk diunduh. Butuh waktu sekitar dua bulan bagi Truth Social untuk memperbarui kebijakannya sebelum akhirnya disetujui di Play Store. Namun ternyata aplikasi tersebut belum tersedia di Indonesia berdasarkan pantauan Tek.id yang berusaha mencari Truth Social di Google Play Store.

Perlu dicatat bahwa Truth Social adalah aplikasi dari Trump Media and Technology Group. Aplikasi ini dikembangkan sebagai alternatif dari “kebebasan berbicara” Twitter setelah jejaring sosial itu melarang Donald Trump.

Selain itu, Elon Musk dilaporkan akan mencabut larangan Trump di Twitter jika dia berhasil mengambil alih Twitter.

Sumber :