11 Tips Dan Cara Membuat Presentasi Dalam Bahasa Inggris

11 Tips & Cara Membuat Presentasi Dalam Bahasa Inggris yang Terbukti Efektif

tips-presentasi

Teman-teman SBI pasti pernah memberikan presentasi di sekolah atau kantor tempat Anda bekerja. Ide berbicara di depan umum bisa jadi cukup menakutkan untuk menggunakan bahasa Inggris, tetapi bahkan lebih menakutkan ketika bahasa Inggris adalah bahasa kedua Anda. Di bawah ini adalah tips untuk membantu Anda merencanakan presentasi yang sempurna dalam bahasa Inggris. Chekidot!

Kenali audiens Anda

Untuk memberikan presentasi yang efektif, Anda perlu mengetahui sesuatu tentang audiens Anda. Seberapa baik bahasa Inggris Anda Seberapa banyak yang Anda ketahui tentang topik percakapan Anda? Mengapa mereka harus tertarik mendengarkan Anda? Adalah ide yang baik untuk mengetahui siapa yang menghadiri presentasi Anda sehingga Anda dapat membuat informasi yang relevan dan menarik bagi mereka. Misalnya, presentasi hasil keuangan dari analis keuangan perusahaan Anda akan berfokus pada hasil, alasan, dan analisis. Penyajian perangkat lunak audit baru berfokus pada keunggulan dan fungsi perangkat lunak.

Juga tanyakan pada diri Anda apa yang ingin Anda capai dengan presentasi Anda. Misalnya, presentasi penjualan berbeda dengan presentasi informasi. Mengetahui apa yang Anda ingin audiens Anda pikirkan atau lakukan di akhir presentasi Anda selalu merupakan ide yang bagus, karena ini memungkinkan Anda untuk fokus pada bahasa dan konten presentasi Anda.

Gunakan pernyataan atau pertanyaan pengantar yang kuat untuk menggairahkan audiens Anda

Beberapa menit pertama presentasi Anda sangat penting. Saat ini Anda perlu menarik audiens Anda dan memberi mereka alasan untuk mendengarkan Anda. Apa yang Anda katakan di menit pertama tergantung pada audiens Anda dan minat mereka, tetapi itu harus berarti sesuatu yang penting bagi mereka. Mungkin itu adalah masalah yang Anda tahu bagaimana menyelesaikannya, atau fakta atau statistik yang perlu Anda ketahui.

Jangan lupa detail fisiknya

Anda harus memastikan bahwa ruangan itu cukup besar untuk jumlah orang yang hadir dan bahwa Anda memiliki peralatan yang diperlukan. Cari tahu kapan harus memberikan presentasi Anda – audiens Anda mungkin lalai jika mendekati makan siang atau di akhir minggu, dan Anda perlu memastikan presentasi tersebut menarik selama masa-masa sulit.

Rencanakan konten presentasi Anda

Perencanaan membantu Anda fokus pada tujuan presentasi Anda dan meminimalkan kemungkinan terjadi kesalahan.

Mengetahui dengan siapa Anda berbicara dan mengapa Anda berbicara dengan mereka dapat menempatkan diri Anda pada posisi audiens Anda. Anda dapat memutuskan informasi apa yang akan dimasukkan dan bagaimana cara memesannya.

Jangan berbicara lebih dari 30 menit dan berikan waktu untuk tanya jawab di akhir. Ingatlah bahwa sulit untuk menyerap banyak informasi baru. Jadi jangan mencoba memasukkan terlalu banyak informasi.

Banyak presentasi dibagi menjadi lima bidang:

  • a) Pendahuluan (Minta orang lain untuk memperkenalkan Anda kepada audiens. Ini memberi Anda kredibilitas sebagai pembicara dan berarti Anda tidak perlu membuang waktu untuk memberi tahu orang-orang siapa Anda dan mengapa Anda ada di sana)
  • b) gambaran umum
  • c) Bagian utama dari presentasi
  • d) Ringkasan Anda
  • e) Sesi tanya jawab

Catat dengan cepat setiap poin yang ingin Anda buat dalam presentasi Anda dan buat rencana. Atur presentasi Anda menjadi poin utama dan bukti pendukung.

Selama presentasi, ingatlah bahwa merupakan ide yang baik untuk merujuk pada pidato pembukaan dan mengingatkan audiens Anda mengapa mereka mendengarkan Anda.

Gunakan kartu indeks

Tuliskan poin Anda pada kartu indeks individu untuk membantu Anda dengan presentasi. Jika Anda telah memberikan kartu dengan kata kunci (1 kartu untuk 1 kata atau poin kunci), Anda dapat mengingatnya kembali jika Anda lupa di mana Anda berada dalam presentasi.

Gunakan kartu indeks untuk kata-kata yang sulit diingat atau sulit diucapkan.

Anda juga dapat menggunakan kartu flash untuk menulis hubungan antar titik seperti ini:

  • “Itu membawa saya ke …”
  • “Sekarang aku ingin…”
  • “Hukum …”

cara membuat presentasi dalam bahasa inggris

Pertahankan grafik sesederhana mungkin

Jangan memasukkan terlalu banyak informasi dalam visual, dan gunakan hanya untuk mengilustrasikan informasi yang akan membutuhkan waktu terlalu lama untuk dijelaskan. Representasi grafis sederhana seperti diagram lingkaran dan batang bekerja lebih baik daripada representasi dengan banyak label atau kata. Gunakan warna dan font yang berbeda untuk menyorot informasi.

Latihan menciptakan master!

Latih presentasi Anda sesering mungkin menggunakan kartu indeks Anda. Dengan latihan, Anda akan tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan dan di mana area sulit dari percakapan Anda. Semakin banyak Anda berlatih, semakin percaya diri Anda!

Siapkan pertanyaan dan jawaban

Anda mungkin memiliki pertanyaan di akhir presentasi Anda, jadi cobalah untuk memikirkan beberapa dan kemungkinan jawaban sebelumnya. Semakin Anda mempersiapkannya, semakin baik Anda akan merasa mampu mengatasinya.

Oke, sekian tips dari saya untuk memudahkan teman-teman SBI di rumah memberikan presentasi dalam bahasa Inggris. Mungkin berguna!

Sumber :