Siswi SMK Ciptkan Aplikasi Pembelajaran

Siswi SMK Ciptkan Aplikasi Pembelajaran
Siswi SMK Ciptkan Aplikasi Pembelajaran

Siswi SMK Ciptkan Aplikasi Pembelajaran

Siswi SMK Ciptkan Aplikasi Pembelajaran
Siswi SMK Ciptkan Aplikasi Pembelajaran

siswi kelas XII jurusan Multimedia SMKN 1 Jember bernama Fanny Farida menjadi pemenang pada lomba Aplikasi

Mobile KIHAJAR 2018. Ia dinyatakan keluar sebagai juara pertama kategori pelajar usai sukses mencipta aplikasi pembelajaran, yaitu Bee Story.

Dengan aplikasi pembelajaran mengasyikkan yang ditujukkan bagi siswa usia dini hingga kelas 2 Sekolah Dasar itu, Fanny sukses menyisihkan ratusan peserta lain dalam lomba yang diadakan Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) Kemendikbud.

Dara 18 tahun itu mengungkap bahwasanya, aplikasi ciptaannya mengenalkan user-nya kepada sosok lebah madu imut bernama Bee. Dimana ia membawa pengguna pada dua pilihan menu. Yakni belajar dan permainan. Saat memilih belajar, user akan diminta memilih antara soal-soal materi ilmu matematika, sosial, dan budaya.

“Misalnya dalam menu budaya, ada soal-soal yang mengingatkan anak-anak terhadap produk-produk budaya.

Salah satunya, di situ anak-anak diajak menghafal dengan menjawab nama-nama alat musik tradisional seperti seruling,” jelasnya usai sesi penjurian di Hotel Pandanaran, Semarang, Kamis (4/10).

Saat memilih opsi permainan, aplikasi ini tak hanya menghadirkan sebuah hiburan. Melainkan juga pesan moral yang sesuai dan mudah dicerna oleh anak-anak usia dini atau sekolah dasar.

“Di sini Bee juga mengisahkan sedang berusaha mengobati temannya yang terluka. Nilai

yang terkandung di dalamnya ini unsur tolong-menolong. Bee mengajak anak-anak lebih menerapkan sikap tolong-menolong terhadap sesama,” terangnya.

Lebih lanjut, Fanny berharap usahanya selama tujuh bulan membuat aplikasi Bee Story bersama teman-temannya tak hanya berbuah manis sampai di sini saja. Ia ingin agar aplikasi ini berkontribusi maksimal dalam menghadirkan materi dan metode pembelajaran menyenangkan. Di saat bersamaan juga dalam pemanfaatan perkembangan teknologi untuk kegiatan positif.

Fanny sendiri sempat bercerita pernah berpartisipasi pada lomba Aplikasi Mobile KIHAJAR tahun lalu. Masuk sepuluh besar saja pada waktu itu tak membuatnya cukup puas. Sehingga memacunya menciptakan Bee Story yang membuatnya menjadi pemenang lomba periode tahun ini.

“Harapannya semoga aplikasi ini bisa dirilis di play store. Sebelumnya aplikasi ini sudah saya praktikan dengan mengajak adik-adik di sekolah terdekat. Mereka antusias memainkannya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPMPK Abu Khaer menjelaskan bahwa lomba Aplikasi Mobile KIHAJAR sudah diselenggarakan ketujuh kalinya. Lomba ini mempertandingkan karya Aplikasi Mobile Edukasi, yaitu aplikasi yang dijalankan di perangkat smartphone atau tablet serta mengandung unsur pendidikan.

 

Baca Juga :