RUU Tentang ITE

RUU Tentang ITE
RUU Tentang ITE

Table of Contents

RUU Tentang ITE

RUU Tentang ITE
RUU Tentang ITE

Menyambung dari tulisan sebelumnya, tidak lengkap rasanya apabila hanya membahas mengenai cyber law saja. Untuk itu, kali ini saya akan menjabarkan mengenai RUU ITE khususnya di Indonesia.

Kenapa diharuskan ada UU ITE di Indonesia? Itu dikarenakan semakin banyaknya orang yang menggunakan teknologi dan khususnya transaksi eletronik. Terkadang ada beberapa pihak yang dengan sengaja menyalahgunakan kebebasan melakukan transaksi dan menyebarkan informasi di dunia internet atau di dunia maya. Dengan adanya RUU ITE ini maka diharapkan Indonesia bisa lebih mengamankan para pemakai dan pengguna akses informasi dan transaksi elektronik sehingga tidak ada yang dirugikan nantinya. UU ITE juga sangat membantu dalam mencegah konten-konten dan web-web yang tidak layak diakses oleh masyarakat di Indonesia.

Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik adalah ketentuan yang berlaku untuk setiap orang yang melakukan perbuatan hukum sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini, baik yang berada di wilayah hukum Indonesia maupun di luar wilayah hukum Indonesia, yang memiliki akibat hukum di wilayah hukum Indonesia dan/atau di luar wilayah hukum Indonesia dan merugikan kepentingan Indonesia.

Sumber : http://journals.sbmu.ac.ir/en-me/comment/view/20841/15799/101687