Penyebab Kulit Wajah Terlihat Kusam Saat Hamil

Seharusnya, kehamilan bisa membuat wajah Anda lebih cerah dan lebih merah. Fenomena yang sering disebut sebagai “glow kehamilan” dapat terjadi karena produksi darah yang 50% lebih dari normal, sehingga sirkulasi darah mempengaruhi wajah yang terlihat lebih cerah.

Sayangnya, tidak semua orang menikmatinya karena beberapa orang merasa kulit menjadi kurang sulit selama kehamilan. Bagaimana?

Mengapa kulit wajah menjadi kusam selama kehamilan?

Kehamilan tidak hanya mengubah bentuk tubuh Anda, tetapi juga kulit Anda. Perubahan yang sering dipengaruhi oleh hormon ini mungkin memiliki efek berbeda pada setiap ibu.

Beberapa memiliki efek yang baik seperti kulit lebih cerah, tetapi beberapa memiliki masalah seperti kulit kusam atau kulit kusam.

Kulit wajah yang kurang teriritasi selama kehamilan sering disebut sebagai “masker kehamilan”, yang terlihat seperti pigmen coklat di sekitar pipi atau dahi. Tidak hanya untuk wanita hamil, kulitnya kurang keriput dan juga merugikan orang yang menjalani terapi hormon.

Area cokelat juga sering disebut melasma atau chloasma. Fenomena ini disebabkan oleh stimulasi sel-sel penghasil pigmen yang timbul dari hormon seks wanita.

Ini kemudian akan mendorong kulit untuk menghasilkan lebih banyak pigmen melanin sehingga kulit terlihat lebih tua.

Perubahan warna kulit wajah menjadi lebih sulit selama kehamilan pada sekitar 50% wanita. Namun, wanita dengan kulit coklat muda dan tinggal di daerah dengan sinar matahari yang lebih kuat akan lebih mungkin mengalami hal ini karena melanosit yang lebih aktif.

Pigmentasi ini akan menjadi lebih buruk ketika kulit terpapar sinar UV yang dipancarkan dari matahari.

Dari fakta ini, dapat dilihat bahwa fenomena ini lebih mudah dialami oleh ibu hamil di Indonesia. Indonesia sendiri memiliki iklim tropis yang membuat wilayah ini memiliki suhu lebih hangat dan sinar matahari sepanjang tahun.

Tentu saja, Anda akan sering terpapar sinar matahari saat bepergian.

Mencegah kulit kusam selama kehamilan

Anda mungkin sudah tahu bahwa sinar matahari pada kulit Anda bisa menjadi faktor dalam membuat kulit wajah Anda terlihat kusam selama kehamilan. Untuk menghindari hal ini, gunakan tabir surya setiap kali Anda pergi ke luar.

Mungkin ada sebagian dari Anda yang ragu untuk menggunakan screen saver karena Anda tidak yakin dengan efeknya. Tapi jangan khawatir, berbagai bahan yang digunakan dalam sablon biasanya aman dan tidak berbahaya.

Untuk keamanan, Anda dapat memilih tabir surya yang mengandung seng dan titanium oksida. Keduanya adalah mineral alami yang dapat menghalangi sinar berbahaya dari matahari untuk menembus kulit. Gelas juga dapat digunakan untuk anak-anak, ibu menyusui, dan mereka yang memiliki kulit sensitif.

Pilih tabir surya dengan minimum SPF 15 atau 30. Jangan lupa memilih produk dengan spektrum luas untuk melindungi Anda dari sinar UVA dan UVB.

Oleskan tabir surya 15 menit sebelum pergi keluar dan aplikasikan kembali setiap dua jam. Untuk perlindungan ekstrem, Anda juga bisa menggunakan topi atau payung.

Selain menggunakan tabir surya, Anda juga harus melakukan perawatan rutin seperti membersihkan wajah dengan langkah yang tepat untuk menghindari masalah kulit selama kehamilan.

Eksfoliasi kulit Anda secara teratur menggunakan scrub ringan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran di wajah.

Hello Health Group dan Hello Healthy tidak memberikan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Silakan lihat halaman kebijakan editorial untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: