PENGERTIAN PERUSAHAAN

PENGERTIAN PERUSAHAAN
PENGERTIAN PERUSAHAAN

Table of Contents

PENGERTIAN PERUSAHAAN

PENGERTIAN PERUSAHAAN
PENGERTIAN PERUSAHAAN

Perusahaan adalah suatu unit kegiatan produksi yang mengolah sumber-sumber ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dan agar memuaskan kebutuhan masyarakat.
Dalam suaatu bisnis terdapat factor utama yang menjalankan bisnis (pelaku bisnis) tersebut yaiutu manusia sebagai pemilik, manajer, pekerja, dan konsumen

TEMPAT KEDUDUKAN DAN LETAK PERUSAHAAN

1. Pemilik adalah orang yang menginvestasikan uang dalam suatu kegiatan bisnis denagan maksud untuk memperoleh keuntungan dari uang atau modal yang ditanamkan tersebut.
2. Manajer yaitu orang yang bertanggung jawab terhdap kinerja, perusahaan, bertanggung jawab atas pencapaian keuntungan perusahaan, pertumbuhan perusahaan serta pertanggung jawaban social. Manajer ini dapat dijadikan sekaligus oleh pemilik perusahaan atau seseorang manajer professional yang dipekerjakan oleh pemilik.
3. Tenaga kerja adalah individu yang menawarkan keterampilan dan kemampuan untuk memproduksi barang atau jasa agar perusahaan dapat meraih keuntungan dan untuk itu individu tersebut akan memperoleh upah/gaji sesuai dengan keterampilan yang dimilikinya.
4. Konsumen adalah individu atau bisnis yang membeli produks atau jasa yang dihasilkan suatu perusahaan untuk pemakain pribadi.

PERUSAHAAN DAN LEMBAGA SOSIAL

Tujuan dari pendirian perusahaan adalah sumber-sumber ekonomi diproses menjadi barang/jasa yang akan ditujukan untuk memuaskan kebutuhan konsumen sekaligus dapat memberikan keuntungan yang maksimum bagi perusahaan itu sendiri, memberi kesempatan kerja untuk mengurangi pengangguran, kemudian juga meningkatkan pendapatan pemerintah melalui pajak dan juga prestasi.

Perusahaan sebagai Lembaga Social
Telah dikemukaakn dimuka bahwa perusahaan merupakan suatu unit kegiatan produksi untuk menyediakan barang atau jasa bagi masyarakat dengan motif memperoleh keuntungan. Unit kegiatan tersebut sering disebut sebagai llembaga social seperti lembaga lainnya misalnya kehidupan keluarga, RT, desa, kota, kecamatan, kabupaten, atau suatu kelompok manusia yang mempunyai tujuan tertentu seperti Yayasan Sosial, Koperasi, dan lain-lain.

Perusahaan sebagai suatu Sistem
Sistem adalah suatu kesatuan atau unit yang terdiri dari sub-sub system yang saling bekerjasama ataupun saling mempengaruhi secara langsung maupn tidak langsung untuk mencapai tujuan tertentu.

Sumber : https://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/seva-mobil-bekas/