Ikhtisar : Pengertian, Ciri, Fungsi, Cara Penyusun, Struktur

Pada kesempatan sebelumnya telah kita bahas tentang pengertian ringkasan, sedikit diulangi bahwa ringkasan adalah berbentuk karangan yang tetap menunjukkan poin dasar yang asli, sedikit berbeda dengan SUMMARY yang merupakan penyajian singkat dari sebuah karangan asli yang tidak. tidak memberikan isi semua karang secara langsung. proporsional, untuk keterangan lebih lanjut silahkan baca sampai habis:

pengertian-ikhtisar

Memahami Ikhtisar

Overview adalah penyajian singkat sebuah essay asli yang tidak perlu memuat semua isi essay asli secara proporsional atau dengan kata lain ringkasan merupakan bagian yang sangat penting setelah membuat kesimpulan dan juga rekomendasi. Gambaran umum ini berisi topik masalah serta tujuan yang akan dicapai melalui topik tersebut.

Dalam hal itu menurut Juhara “2003” ringkasan merupakan penulisan masalah pokok, penulisan tidak harus berurutan, dapat disajikan secara acak atau juga disajikan dalam bahasa pembuat ringkasan tanpa merubah tema suatu tulisan. ceramah. Ringkasan ini berfungsi sebagai garis besar masalah dalam wacana yang berukuran pendek atau sedang.

Penulis ringkasan dapat langsung mengedepankan esensi atau pokok bahasan dari suatu masalah dan pemecahan masalah tersebut. Sebagai gambaran, beberapa bagian atau isi dari beberapa bab, dapat diberikan untuk menjelaskan hakikat atau pokok masalah. Sedangkan bagian lain yang kurang penting bisa dihilangkan. Dari segi bentuk, ringkasan ini lebih bebas daripada ringkasan.

Ringkasan tidak perlu mempertahankan langkah-langkah / urutan isi asli, selain itu ringkasan tidak perlu memberikan isi esai secara profesional.

Fitur Ikhtisar

Di bawah ini adalah gambaran fitur yang meliputi:

  • Tidak menjaga urutan ide.
  • Bebas untuk menggabungkan kata-kata dengan syarat tidak menyimpang dari intinya.
  • Tujuannya adalah untuk mengambil intinya.

Ikhtisar Penggunaan / Fungsi

Pentingnya sebuah ikhtisar adalah karena kegunaan dan manfaat mengambil esai utama sebuah esai, berikut adalah kegunaan dari sebuah ikhtisar, diantaranya sebagai berikut:

  • Mampu mengembangkan ekspresi dan juga menyimpan kata-kata.
  • Memahami dan juga mengetahui isi buku atau karangan.
  • Membimbing dan membimbing seseorang agar mereka bisa.

Bagaimana Membuat Ikhtisar

Diatas karakteristik dan fungsi pembuatan gambaran telah dijelaskan, nah di bawah ini adalah tata cara membuat gambaran umum yang baik, yaitu:

Baca naskah aslinya

Langkah pertama dalam menghasilkan ringkasan ini adalah membaca teks asli satu atau dua kali untuk mendapatkan kesan umum serta maksud dari ajaran dan sudut pandangnya.

Catat ide-ide utamanya

Setelah penulis berhasil menangkap maksud, kesan umum, dan juga sudut pandang penulis asli, langkah selanjutnya adalah mencatat semua gagasan pokok atau gagasan utama / penting.

bagaimana menyusun ikhtisar

  • menetapkan tujuan membaca
  • Bacalah dengan seksama
  • catat ide utamanya
  • mencoret-coret garis besar tulisan
  • periksa tulisan asli

Gambaran umum struktur linguistik

  • Tidak berpegang pada ide
  • Menggabungkan kata-kata orisinal secara bebas tidak menghilangkan inti
  • Tujuannya adalah untuk mengambil intinya

Contoh Ikhtisar

Pada tanggal 6 Agustus 1945 terjadi peristiwa pemboman Kota Hiroshima di Jepang
Keesokan harinya pada tanggal 7 Agustus 1945 terbentuklah PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau Dokuritsu Junbi Inkai kemudian pada tanggal 8 Agustus 1945 terjadi peristiwa pemboman Kota Nagasaki di Jepang, setelah itu pada tanggal 15 Agustus 1945 Jepang menyerah. kepada Sekutu, lalu di Indonesia hal itu terjadi.

Kekosongan kekuasaan yang juga dikenal dengan sebutan Vocum of Power, pada tanggal 15 Agustus 1945 diadakan rapat kelompok tua dan muda, tepatnya pada pukul 20.00 WIB. bertempat di Bacteriology Institute, Jl Pegangsaan timur, Jakarta, dipimpin oleh Chaerul Shaleh.

Di Grup Muda ada Yusuf Kunto, Wikana, Darwis, Shodanco Latief Singgih Hendraningrat, Suhud, Sutan Sjahrir, Chaerul Shaleh. Di Grup Lama ada Ir Soekarno, Moh Hatta, Ahmad Subardjo, dr Iwa Kusumantri, dr Samsi, dr Buntaran. Setelah itu golongan muda mendesak golongan tua untuk melaksanakan proklamasi kemerdekaan yang diumumkan langsung pada tanggal 16 Agustus 1945.

Golongan tua ingin diadakan rapat PPKI terlebih dahulu. Pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 04.00 Kelompok Muda kemudian membawa Ir Soekarno, Moh Hatta, Fatmawati dan juga Guntur ke Rengasdengklok yang terletak di daerah Karawang, hingga Peristiwa Proklamasi disebut juga Peristiwa Rengasdengklok.

Akhirnya pada tanggal 16 Agustus 1945 perumusan Proklamasi Kemerdekaan dilakukan di Gedung Angkatan Laut Jepang, Laksamana Tadashi Maeda, di Jl Imam Bonjol No. 1 Jakarta.

Sayuti Malik adalah juru ketik teks proklamasi. Pada tanggal 17 Agustus 1945 akhirnya diputuskan untuk dibacakan teks proklamasi yang semula seharusnya dilaksanakan di lapangan IKADA, tetapi tidak dilakukan karena takut terjadi pertumpahan darah. Naskah proklamasi kemudian dibacakan di halaman muka Ir Soekarno di Jl Pegangsaan Timur nomor 56, Jakarta. Proklamasi dibacakan pada tahun 05 yang artinya tahun Showa / Jepang (2605) padahal di Indonesia sama dengan tahun Masehi yaitu 1945.

Pada hakikatnya abstrak berbeda dengan abstrak, walaupun kedua istilah tersebut sering disamakan, namun pada kenyataannya baik abstrak maupun abstrak sama-sama berbeda. Dari sini dapat disimpulkan bahwa ringkasan merupakan kemampuan menghasilkan karya yang ada dalam bentuk singkat.

Berikut ini adalah penjelasan tentang ikhtisar: definisi, properti, fungsi, metode kompilasi, dan contoh yang kami harap dapat membantu Anda.

Sumber :