Otot adalah: jenis, fungsi, gangguan, struktur, jenis

Memahami otot
Baca cepat Buka

Otot adalah selaput yang melekat pada tulang sebagai alat gerak dan berperan pada manusia atau hewan dalam melapisi tulang dan menggerakkan tulang.
Jenis jenis otot dan fungsi otot

Otot-adalah-jenis-fungsi-gangguan-struktur-jenis

Di bawah ini adalah 3 jenis jenis otot dan fungsinya sebagai berikut:

otot lurik

Otot rangka dirangkai dari miofibril multibaris, induknya terletak di batas sel, berwarna gelap dan tembus cahaya, berpola untai dan tampak bergaris. Otot lurik cepat, tidak berpola, dan mudah lelah. Otot rangka melekat pada skema dan berfungsi untuk memobilisasi tubuh. Otot rangka dapat berfungsi sebagai respon terhadap rangsangan berupa panas, dingin, listrik dan rangsangan kimia. Kombinasi otot lurik menyebabkan bagian tengah, yang disebut ventrikel, membesar. Bentuk gabungan tepi otot-otot ini mengecil dan dikenal sebagai otot atau tendon. Tendon yang menempel pada tulang yang menggelinding disebut insersi, sedangkan tendon yang menempel pada tulang yang tidak menggelinding disebut origin. Bagian-bagian otot lurik dapat mengecil dan menimbulkan gerakan.
Baca lebih lanjut: Definisi denudasi

Fungsi otot lurik adalah berjalan, menyentuh, memukul, berlari dan memanjat.

Sel otot polos

Organ otot polos berbentuk gelendong, memiliki satu induk, dan induk berada di tengah organ. Penyusutannya lambat dan tidak mudah lelah. Hal ini dikarenakan kerja otot polos tidak disebabkan oleh keinginan. Otot polos terletak di dinding membran bagian dalam.

Fungsi otot polos adalah untuk mendistribusikan darah ke seluruh tubuh, mendistribusikan nutrisi dan oksigen.

otot jantung

Otot jantung memiliki sifat seperti otot lurik, tetapi memiliki satu atau dua batang dan terletak di tengah organ. Selain itu, otot jantung menempel pada satu organ ke organ lainnya. Bagian otot jantung ini disebut anastomosis. Tepi antara organ otot jantung jelas disebut cakram intervertebralis. Otot jantung hanya tersimpan di jantung dan kontraksi aktivitas di luar memori.

Fungsi otot jantung adalah untuk memobilisasi jantung.
Gangguan muskuloskeletal

Berikut beberapa gangguan otot, yaitu sebagai berikut:

Otot hipertrofi adalah ketika otot menjadi lebih besar dan lebih kuat karena mereka selalu dibutuhkan.
Distrofi otot adalah penyakit pengecilan otot karena cacat genetik.
Hernia perut adalah dinding otot perut yang rusak sehingga menyebabkan usus turun dan masuk ke rongga perut.
Kram disebabkan oleh pengecilan otot yang konstan.
Tetanus adalah kejang otot yang disebabkan oleh peradangan bakteri Clostridium tetani.

Struktur otot

Sejumlah besar otot (sekitar 200 pada seekor sapi) dengan berbagai ukuran, bentuk, dan struktur internal membentuk kerangka tubuh sapi. Sejumlah proses perubahan biokimia dan biofisik terjadi setelah hewan ternak mati untuk mengubah otot-otot tersebut menjadi daging yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Struktur otot lurik mengikuti skema organisasi umum: kumpulan serat otot yang saling berhubungan dan didukung oleh sejumlah besar jaringan ikat (Barone, 1968; Gambar 1).
Baca lebih lanjut: Mengekspor dan Mengimpor

Organisasi jaringan ikat ini memungkinkan untuk membedakan kelompok serat otot menjadi kelompok satu, dua, tiga, dan kadang-kadang sampai empat (Legras dan Schmitt, 1973; Gambar 2). Untuk otot besar, kelompok tingkat yang lebih tinggi mengelompokkan kelompok tingkat yang lebih rendah (bawahan). Secara umum diterima bahwa sifat reologi daging sangat bergantung pada dua komponen ini: serat otot dan jaringan ikat. Pengetahuan tentang struktur otot sangat penting tidak hanya untuk karakterisasi otot, tetapi juga untuk menilai sifat kualitatif daging, terutama potensi keempukannya.
Jenis serat otot

Jenis-jenis serat otot berikut adalah:
1. Serat merah

Serat-serat ini berdiameter relatif kecil dan memiliki banyak sarkosom besar yang penuh dengan krista. Sarkosom berkumpul di bawah sarkolema dan tersusun dalam barisan panjang di antara miofibril.
2. Serat putih

Ini adalah sebagian besar otot “putih” dan seratnya lebih besar. Sarkosom yang lebih kecil berpasangan di sekitar garis-Z, dan garis-Z di sini hanya setengah lebar garis-Z pada serat merah.
3. Serat sedang

Mirip dengan serat merah yang ditemukan di otot merah, tetapi sarkosom lebih kecil dan garis-Z

Lihat Juga :

https://www.jpnn.com/news/mengenal-winning-eleven-gim-olahraga-paling-populer
https://www.wartaekonomi.co.id/read349487/bosan-main-game-itu-itu-aja-cobain-nih-mini-militia-god-mod-apk-unlimited-nitro-dan-ammo-2021
https://www.beritasatu.com/nasional/123845/ini-contoh-teks-prosedural-protokol-sederhana-kompleks
https://www.suara.com/bisnis/2021/07/08/092216/pentingnya-mengenal-dan-mempelajari-jenis-teks-prosedur
https://www.tabloidbintang.com/film-tv-musik/kabar/read/161461/keunggulan-dan-kurangnya-wa-web-sebagai-fitur-whatsapp
https://ayobandung.com/read/2021/07/08/250265/tahapan-mudah-penggunaan-wa-web
https://www.solopos.com/pengertian-teks-eksplanasi-adalah-ciri-struktur-kaidah-contoh-1137977
https://www.gamegim.com/
https://majalahkartini.co.id/
https://1news.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/