Mudah, Begini Cara Merawat Mobil Mesin Diesel

Berikut cara mudah merawat mobil bermesin diesel

Mudah, Begini Cara Merawat Mobil Mesin Diesel

1. Panaskan mesin mobil sebelum digunakan

Cara sederhana merawat mobil bermesin diesel pertama adalah dengan menghangatkan mesin mobil setiap kali digunakan. Hal ini dikarenakan mobil diesel berbeda dengan mobil bensin karena mobil diesel tidak memiliki komponen busi, sehingga mobil ini membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai suhu dan tekanan yang tepat agar mesin dapat berfungsi secara optimal.
Viral: Jenis mesin diesel mobil penumpang dan perbedaannya dengan mesin bensin
2. Pilih oli yang tepat

Memilih oli yang tepat adalah cara mudah untuk merawat mobil bertenaga diesel Anda selanjutnya. Seperti yang kita ketahui bahwa oli memegang peranan penting dalam kinerja mesin kendaraan, oleh karena itu setiap mobil sangat perlu melakukan penggantian oli secara berkala. Pastikan Anda mengganti oli mesin mobil diesel dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan kebutuhan mesin mobil diesel Anda.
3. Gunakan solar berkualitas

Dengan penggunaan bahan bakar yang berkualitas, merupakan cara mudah untuk melakukan servis mobil diesel selanjutnya. Disarankan untuk menggunakan bahan bakar berkualitas seperti Cetana Number (CN) yang tinggi atau solar yang belerang rendah.

Perlu diperhatikan bahwa solar belerang tinggi dapat merusak komponen injektor dan menyebabkan pembakaran tidak sempurna, sedangkan solar belerang rendah dapat membuat emisi gas buang, filter solar, saluran bahan bakar dan ruang bakar lebih bersih. Bahan bakar solar CN tinggi, rendah sulfur banyak tersedia di berbagai SPBU di Indonesia.
Viral: Renault Kwid merevitalisasi kompetisi mobil entry-level di Indonesia
4. Ganti filter bahan bakar secara teratur

Cara mudah untuk menyervis mobil bertenaga diesel Anda berikutnya adalah dengan mengganti filter bahan bakar secara berkala. Penggantian komponen ini harus dilakukan karena fungsi filter digunakan untuk menyaring fraksi solar yang terkadang masih mengandung air dan kotoran.

Jika kondisi filter bahan bakar rusak, air atau kotoran dapat masuk ke sistem pembakaran, mengganggu proses pembakaran dan menyebabkan mesin diesel Anda mati saat mengemudi.

Pastikan filter bahan bakar diservis secara berkala sesuai dengan buku panduan atau buku servis kendaraan untuk menghindari kemungkinan adanya air atau kotoran di dalam solar.
5. Lakukan perawatan rutin di bengkel

Seperti halnya mobil pada umumnya, perawatan bengkel secara berkala sangat dianjurkan. Sebaiknya hal ini dilakukan di bengkel resmi sesering mungkin karena bengkel tersebut memiliki mekanik berpengalaman yang mampu menyelesaikan berbagai masalah pada mobil, termasuk mesin diesel dengan berbagai peralatan yang diperlukan.

Sumber :