Menjadi Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana

Menjadi Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana
Menjadi Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana

Menjadi Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana

Menjadi Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana
Menjadi Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana

Anda seorang pegawai perusahaan Manajer Investasi ? atau anda seorang pegawai Bank? Anda di tugaskan untuk menjual reksa dana? Anda diharuskan mengikuti Ujian WAPERD (Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana)? Apakah anda takut tidak lulus? Anda malu dengan Atasan anda atau rekan kerja anda jika anda tidak lulus ?.

Jika semua pertanyaan diatas anda jawab dengan kata “Ya”, maka anda harus belajar tentang Pasar Modal pada umumnya atau khususnya belajar tentang reksa dana. Jika perusahaan anda memberikan training khusus kepada anda tentang Reksa dana atau mungkin juga khusus training WAPERD maka anda harus memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik, karena banyak yang akan anda dapatkan dari training tersebut.

Bagaimana jika tidak ada training? atau sudah mengikuti training namun masih belum mengerti? Maka tidak ada salahnya anda membaca kembali materi-materi yang diberikan dalam training atau anda dapat membaca blog ini dengan seksama. Mungkin membaca sendiri dengan belajar di ruang training memiliki suasana yang sangat berbeda, namun jika anda memiliki niat dan semangat untuk dapat lulus dalam ujian WAPERD niscaya semua akan terasa sangat mudah.

Sebelumnya saya akan berikan silabus Ujian WAPERD yang diberikan oleh Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI) selaku pantia ujian WAPERD, silabusnya adalah :

  1. Peran Kelembagaan Pasar Modal Indonesia
  2. Code of Conduct
  3. Undang-Undang dan Peraturan Pasar Modal (tentang reksa dana)
  4. Pengetahuan Dasar tentang Investasi
  5. Pengetahuan Dasar tentang Reksa Dana
  6. Memahami Prospektus Reksa Dana
  7. Memahami Perhitungan Kinerja Investasi Reksa Dana
  8. Memahami Laporan Kinerja Reksa Dana (Fund Fact Sheet)
  9. Memahami Pengelolaan Reksa Dana oleh Manajer Investasi
  10. Pedoman Menawarkan Reksa Dana Kepada Investor

Saya akan coba berikan gambaran secara umum mengenai materi-materi diatas pada tulisan-tulisan berikutnya, Selamat Belajar.

Baca Juga :