Memberdayakan Potensi Masyarakat Melalui Bina Desa

Memberdayakan Potensi Masyarakat Melalui Bina Desa

Sekumpulan mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) yang tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (GenBi) melangsungkan acara Bina Desa di Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Bina Desa adalah cara yang diinisasi oleh GenBi Unsika pada Minggu 18 Agustus 2019. GenBi ialah kumpulan mahasiswa yang menemukan beasiswa Bank Indonesia. Kegiatan ini bertujuan guna memperdayakan masyarakat maupun lingkungan di desa-desa di Kabupaten Karawang, salah satunya Dusun Tangkolak, Desa Sukakerta.

Dalam pendahuluan Bina Desa, muncul perwakilan Pejabat Bank Indonesia Bandung serta dinas berhubungan di pemerintah wilayah setempat serta masyarakat.Novita Evans Simamora mewakili BI Bandung menyatakan BI memelopori program Bina Desa guna mengembangkan potensi yang dipunyai oleh masing-masing desa desa di distrik Indonesia.
Nantinya desa itu secara berdikari meningkatkan sumber daya, baik berupa alam, maupun sumber daya manusia.

Langkal mula yang akan dilaksanakan untuk Bina Desa, yaitu merangkai program kerja mengenai penanganan sampah. Program itu melibatkan masyarakat.

Di samping itu, kata dia, pembenahan infastruktur guna menunjang dalam pekerjaan Bina Desa. Infrastruktur yang dimaksud, yaitu penciptaan penahan sampah di Pantai Dusun Tangkolak, yang terletak di hutan mangrove serta penanaman bibit mangrove.

Selain konsentrasi potensi wisata sendiri, Bina Desa pun concern pada bidang beda di antaranya ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan sosial masyarakat.

“Pada dasarnya BI mencoba inisiasi pekerjaan Bina Desa. Pada dasarya desa ini milik penduduk Dusun Tangkolak. Ke depann kami bercita-cita adanya komitmen powerful dari masyarakat Tangkolak ini , dan dikemudian hari masyarakat secara individu mau mengelola lokasi wisata hutan mangrove yang terdapat di Dusun Tangkolak,” tutur Novita.

https://water.weather.gov/ahps2/nwsexit.php?url=https://www.pelajaran.co.id