Logika: Pengertian, Kelebihan, Jenis dan Contoh Logika

Pahami logika
Buka baca cepat

Logika adalah hasil perenungan pikiran manusia yang diungkapkan dengan kata-kata dan bahasa. Logika juga merupakan salah satu cabang filsafat yang membahas tentang inferensi dan proses berpikir untuk memperoleh kebenaran dan belajar tentang keterampilan berpikir secara teratur, langsung, dan akurat. Setiap orang tentu selalu berpikir untuk menyimpulkan sesuatu secara ilmiah atau untuk meyakinkan orang lain. Jadi setiap pernyataan harus dibuktikan agar ada pemikiran dalam logika yang dapat membuktikan pernyataan atau pernyataan tersebut. Logika adalah pemikiran logis, analitis, dan detail.

Logika-Pengertian-Kelebihan-Jenis-dan-Contoh-Logika
Pahami logika menurut para ahli

Berikut ini adalah beberapa hal yang diyakini para ahli dalam memahami logika:
1. Soekadijo (1983-1994: 3)

Menurut ahli yang bernama Soekadijo (1983-1994: 3), logika adalah suatu metode atau metode yang dikembangkan untuk tujuan pengecekan kebenaran penalaran.

2. Aristoteles

Menurut Aristoteles (Harun, 1980) konsep logika adalah doktrin berpikir yang secara ilmiah membahas tentang bentuk berpikir itu sendiri dan hukum-hukum yang mengendalikan pikiran.
Baca lebih lanjut: Transportasi Pasif

3. William Alston

Menurut William Alston, logika adalah studi tentang inferensi, atau lebih tepatnya upaya untuk menetapkan ukuran-ukuran untuk memisahkan kesimpulan yang valid dan tidak valid.

4 Jan Hendrik Rapar

Menurut Jan Hendrik Rapar (1996: 5) konsep logika adalah pertimbangan nalar atau pemikiran yang disusun melalui kata-kata dan diungkapkan dalam bahasa.
5. Abu Akhmadi

Logika adalah studi sistematis (ilmiah) tentang prinsip-prinsip umum yang menentukan kesatuan (validitas) bagaimana kesimpulan dapat ditarik tentang pertanyaan yang dimaksud.
6. W. Poespoprodjo dan Ek. T. Gilarso

Setelah W. Poespoprodjo dan Ek. T. Gilarso (2006: 13), konsep logika adalah ilmu dan kemampuan untuk berdebat dan berpikir dengan benar.
Keuntungan logika

Manfaat logika bagi manusia antara lain:

Dapat membantu Anda menafsirkan fakta dan pendapat orang lain dengan tepat
Bisa melatih jiwa manusia sehingga bisa memurnikan jiwa dan jiwa
Bisa berolahraga dan terbiasa meneliti cara berpikir
Untuk mendidik Anda agar Anda dapat berpikir lebih jernih dan kritis
Itu dapat memungkinkan Anda untuk melaksanakan disiplin intelektual yang sangat Anda butuhkan untuk pemikiran akhir
Untuk membantu Anda menemukan argumen yang salah dan tidak jelas
Untuk memancing pemikiran yang lebih ilmiah dan reflektif.
Dapat meningkatkan imajinasi Anda sehingga Anda bisa lebih kreatif
Untuk mendidik Anda agar terus berpikir lebih jernih dan kritis
Meningkatkan kemampuan menganalisis peristiwa yang ada.

Tipe logika – tipe

Berikut ini adalah jenis-jenis logika, yaitu sebagai berikut:
1. Logika alamiah

Logika alamiah mengarah pada tindakan dan keputusan berdasarkan benar dan salah, atau seharusnya dan tidak. Terlepas dari situasinya, proses kerja pikiran manusia berpikir secara tepat dan langsung sebelum dipengaruhi oleh keinginan dan kecenderungan subjektif. Logika alamiah adalah logika kinerja pikiran manusia, yang selalu berpikir cermat, tepat dan langsung sebelum pikiran dipengaruhi dari luar, misalnya keinginan yang sifatnya subjektif. Logika alam ini sudah ada sejak manusia dilahirkan, jadi logika ini murni sifatnya.
Baca lebih lanjut: Siklus air

2. Logika ilmiah

Logika ilmiah adalah cara berpikir yang benar dan teratur sesuai dengan kaidah dan kebenaran tentang berpikir. Logika ilmiah ini membuat pikiran bekerja lebih tepat, lebih hati-hati, lebih teliti, dan lebih jelas. Logika ilmiah ini berguna untuk menghindari kesalahan dalam memikirkan sesuatu sehingga kesalahan dapat dikurangi. Logika ilmiah terbagi menjadi dua bagian yaitu:

Karena logika formal
Ini adalah logika berbasis pernyataan, sehingga pernyataan yang menjadi dasar kesimpulan harus relevan, bentuk dan strukturnya juga harus benar. Jika dasarnya salah, maka kesimpulannya juga salah, maka kesimpulan yang benar akan diambil dari pemikiran yang benar berdasarkan hasil penyelidikan.
Logika material
Merupakan logika yang dapat membuat kesimpulan atau pernyataan berdasarkan materi atau tujuan. Materi memainkan peran penting dalam logika ini. Logika material disebut juga dengan logika matrelisme, yang artinya materi merupakan faktor terpenting dalam menyimpulkan sesuatu secara akurat. Jadi logika material adalah logika yang dapat menarik kesimpulan berdasarkan kondisi

 

LIHAT JUGA :

http://geografi.upi.edu/video-bokeh-link-full/
http://geografi.upi.edu/gelombang-elektromagnetik/
http://geografi.upi.edu/laju-reaksi/
http://geografi.upi.edu/kinemaster-pro/
http://geografi.upi.edu/alight-motion-pro/
http://geografi.upi.edu/whatsapp-gb-apk-pro/
http://geografi.upi.edu/wa-web-di-pc/
https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/pengertian-gelombang-elektromagnetik/
https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/kinemaster-pro/
https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/alight-motion-pro/
http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/gelombang-elektromagnetik/
http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/kinemaster-pro/