Konsep Dasar Penganggaran Keuangan

Langkah pertama dan paling penting untuk perencanaan keuangan yang efektif adalah mengembangkan dan mengimplementasikan anggaran. Tentu saja, ini terdengar sederhana dan mudah. Namun, ini lebih sulit dari yang diharapkan. Kali ini, DosenAkuntansi.com akan memberikan pengetahuan tentang konsep dasar penganggaran.

iklan

Definisi Anggaran

Anggaran (didanai) menggambarkan rencana untuk masa depan yang ditulis dalam istilah keuangan resmi. Anggaran adalah rencana terperinci tentang akuisisi dan penggunaan sumber daya keuangan dan lainnya untuk beberapa waktu. Proses penyusunan anggaran perusahaan dikenal sebagai penganggaran. Tindakan ini adalah salah satu sistem kontrol manajemen sektor publik.

Tujuan Anggaran

Estimasi digunakan untuk dua tujuan, yaitu:

  • Perencanaan melibatkan perumusan tujuan dan persiapan berbagai anggaran untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Kontrol mencakup pengumpulan umpan balik untuk memastikan rencana diimplementasikan dengan benar atau diubah jika terjadi perubahan keadaan. Mengontrol anggaran adalah dengan menggunakan anggaran untuk mengendalikan aktivitas perusahaan.

Manfaat Anggaran

Beberapa manfaat dari anggaran, di mana ini adalah salah satu keunggulan manajemen untuk manajer dan perusahaan. Di antara manfaatnya adalah:

  • Anggaran adalah alat komunikasi untuk rencana manajemen untuk semua organisasi
  • Manajer memaksa manajer untuk berpikir dan merencanakan masa depan.
  • Proses penganggaran adalah alat alokasi sumber daya untuk berbagai bagian organisasi sehingga dapat digunakan secara efektif.
  • Proses penganggaran dapat mengidentifikasi potensi masalah sebelum terjadi.
  • Anggaran mengoordinasikan kegiatan semua organisasi dengan memasukkan rencana dari beberapa divisi.
  • Pendanaan membantu memastikan bahwa semua orang di organisasi akan mencapai tujuan yang sama.
  • Perkiraan menentukan tujuan dan sasaran yang dapat digunakan sebagai referensi untuk penilaian kinerja lebih lanjut.

Pilih Waktu Anggaran

Konsep dasar penganggaran dapat ditentukan dari periode anggaran. Ada 2 jenis perkiraan waktu, yaitu:

  • Anggaran operasional biasanya mencakup satu tahun sekaligus sesuai dengan tahun pajak perusahaan. Banyak perusahaan membagi tahun fiskal mereka menjadi empat kuartal. Registrasi semacam itu membutuhkan tinjauan berkala dan revaluasi estimasi data sepanjang tahun.
  • Kata-kata umum digunakan oleh berbagai organisasi. Anggaran yang sedang berlangsung atau berkelanjutan adalah anggaran 12 bulan yang akan diperpanjang bulan depan jika bulan berjalan selesai. Panduan ini menginstruksikan manajer untuk tetap fokus pada tanggung jawab akun jangka panjang mereka.

Anggaran Pribadi

Pendekatan penganggaran yang melibatkan manajer yang membuat anggaran mereka sendiri disebut sebagai anggaran yang ditentukan sendiri. Estimasi atau estimasi partisipasi adalah estimasi yang dilengkapi dengan kerja sama dan partisipasi semua manajer di semua tingkatan. Anggaran ini dianggap sebagai cara terbaik untuk membiayai.

Tautan sponsor

Beberapa keuntungan dari anggaran partisipasi adalah sebagai berikut:

  • Setiap orang di semua tingkatan organisasi diakui sebagai anggota tim yang mengevaluasi tampilan dan evaluasi oleh manajemen di atas.
  • Estimasi yang dibuat oleh manajer garis depan seringkali lebih akurat dan dapat diandalkan daripada perkiraan yang dibuat oleh manajer top dengan sedikit pengetahuan tentang operasi pasar dan sehari-hari.
  • Motivasi yang lebih tinggi muncul ketika seorang individu berpartisipasi dalam menetapkan target mereka sendiri daripada target yang ditetapkan dari atas. Penganggaran partisipatif membuat komitmen.
  • Manajer yang tidak memenuhi anggaran di atas dapat mengatakan bahwa anggaran itu tidak realistis dan tidak mungkin tercapai.
  • Tanpa inspeksi, perkiraan entri bisa sangat gratis atau mengandung terlalu banyak estimasi. Hasilnya tidak efisien dan boros.

Proses Penganggaran

Proses penganggaran terstruktur menggunakan anggaran utama. Anggaran induk berisi beberapa anggaran yang relevan namun relevan. Dalam merencanakan proses penganggaran, ada 10 daftar dokumen yang menyertakan perkiraan utama:

Anggaran penjualan mencakup daftar perhitungan kas. Anggaran penjualan (sales budget) adalah tabel terperinci yang menunjukkan perkiraan penjualan sesuai dengan perkiraan, biasanya ditulis dalam satuan mata uang.

Sumber: guruakuntansi.co.id

Baca juga: