Kenali Ciri-ciri Flek Paru-paru Anak Sebelum Terlambat

Kenali Ciri-ciri Flek Paru-paru Anak Sebelum Terlambat

Sering kali kamu panik dan takut saat mendapati anak terpapar demam dalam kurun masa-masa yang panjang. Khawatir bila si kecil terpapar penyakit paru-paru anak atau bahkan TBC (Tuberkulosis), yakni infeksi yang terjadi dampak adanya bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang tubuh. Umumnya, TBC memang terjadi pada paru-paru atau biasa dinamakan flek paru-paru anak.

Meski sebenarnya, menurut keterangan dari dr. Rony Tamba, SpA, MSi.Med, flek berasal dari bahasa Belanda yang berarti bercak atau noda. Bercak itu dapat disaksikan ketika dilaksanakan rontgen. Akan tetapi, tidak seluruh flek pada tubuh si kecil adalahciri-ciri dari TBC. Tentu dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut guna dapat meyakinkan andai si kecil terpapar penyakit tersebut.

Untuk dapat menangkal hal terburuk, sebelum terlambat ayo kenali ciri-ciri flek paru-paru anak.

Masa demam anak telah lebih dari 2 sampai 3 minggu

Demam memang telah menjadi urusan yang wajar terjadi pada anak kecil. Ada tidak sedikit faktor yang memengaruhi, seperti suasana cuaca yang tidak jarang berubah-ubah, kesucian lingkungan, keletihan bermain, atau hal lainnya. Umumnya, rentang masa-masa anak terpapar demam berkisar tiga hari sampai satu minggu. Bila lebih dari itu, kamu patut waspada.

Pasalnya, di antara ciri flek paru-paru anak merupakan terjadinya demam tinggi lebih dari 2 sampai 3 minggu. Bila kamu sudah memberi obat penurun panas, tapi situasi masih sama, bahkan disertai badan yang lesu dan lemah, maka segeralah periksa kesehatan di lab dan tanyakan pada dokter adakah bisa jadi anak terpapar bakteri tuberculosis.

Batuk dalam masa-masa lama yang tidak diprovokasi waktu maupun tempat

Umumnya batuk dapat terjadi kapan saja, sebab debu atau bahkan dampak alergi pada sesuatu. Akan tetapi, lazimnya batuk yang diakibatkan faktor itu mempunyai pengaruh masa-masa dan tempat. Misalnya, batuk anak yang terpapar debu, hanya sehubungan ketika si kecil bersangkutan langsung dengan debu di lokasi tinggal maupun lapangan terbuka. Atau bila batuk tersebut diakibatkan oleh alergi dingin, maka batuk dapat saja terjadi saat di malam hari sampai pagi hari.

Berbeda dengan batuk yang menjadi ciri dari flek paru-paru anak ini, batuk yang terjadi tidak diprovokasi oleh masa-masa maupun lokasi sekalipun. Anak bahkan dapat sepanjang hari terpapar batuk.

Nafsu makan tidak cukup baik

Hati-hati bila berat badan anak tidak meningkat dalam kurun masa-masa satu hingga sejumlah bulan tanpa ada dalil yang lemas. Bahkan, saat perbaikan gizi dengan meningkatkan asupan santap telah dilaksanakan tetapi berat badan anak masih kurang.

Nafsu santap anak juga kian hari makin berkurang, sekalipun dilakukan tidak sedikit hal. Terlebih saat disertai tubuh lesu, lemas, dan murung yang tidak ada karena jelas sebelumnya. Maka, bila fenomena ketiga ini terjadi, segera bawa ke dokter dan periksakan guna mendapat kepastian anak melulu karena kelemahan nafsu santap biasa atau ada bisa jadi terserang flek paru-paru anak.

Adanya pembesaran kelenjar pada unsur tubuh anak

Ciri terakhir yang bisa kamu kenali dari flek paru-paru anak merupakan adanya pembesaran kelenjar yang terjadi pada unsur tubuh. Umumnya terjadi pada unsur kelenjar getah jernih di leher yang terlihat laksana adanya benjolan sebesar kelereng.

Benjolan itu akan terus membesar masing-masing waktu tanpa disertai rasa nyeri. Keringat dingin di malam hari menjadi penunjang adanya bisa jadi flek paru-paru yang diderita oleh anak.

Untuk lebih menyakinkan lagi, kamu bisa mengerjakan scoring test di lab sesudah mendapat izin dari dokter, dengan sejumlah langkah. Di antaranya pemeriksaan tuber kulit sekitar 72 jam guna mendapat hasil yang akurat.

Sumber : http://www.u-u-ah.net/buzz/create/L.php?ID=&CA=game&TXT=1276536653&URL++https://www.pelajaran.co.id