Gelombang elektromagnetik: jenis, sifat, kelebihan dan rumus

Pahami gelombang elektromagnetik
Buka baca cepat

Spektrum gelombang elektromagnetik adalah susunan semua bentuk gelombang elektromagnetik berdasarkan panjang gelombang dan frekuensinya. Representasi skema spektrum gelombang elektromagnetik berikut ini disusun menurut panjang gelombang dan mencakup rentang energi rendah dengan panjang gelombang tinggi dan frekuensi rendah. Hubungan antara kecepatan rambat c, frekuensi f dan panjang gelombang elektromagnetik ditulis sebagai berikut:

Gelombang-elektromagnetik-jenis-sifat-kelebihan-dan-rumus

c = f. λ

c = kecepatan creep (3,10 ^ 8 m / s)

f = frekuensi (Hz)

λ = panjang gelombang (m)
Sifat gelombang elektromagnetik

Berikut adalah sifat-sifat gelombang elektromagnetik, yaitu:

Bisa menyebar di ruang hampa
Merupakan gelombang transversal
Dapat mengalami polarisasi
Dapat mengalami refleksi (refleksi),
Dapat mengalami pembiasan (refraksi)
Dapat mengalami gangguan
Mungkin mengalami pembengkokan atau hamburan (difraksi),
Itu menyebar ke arah yang lurus berdasarkan perhitungan Maxwell

Jenis gelombang elektromagnetik

Jenis gelombang elektromagnetik berdasarkan gelombang dan frekuensinya dibedakan menjadi 7 jenis, yaitu: gelombang radio, gelombang mikro, gelombang infra merah, gelombang tampak, gelombang ultraviolet, sinar X dan sinar gamma. Penjelasan jenis-jenis gelombang elektromagnetik adalah sebagai berikut:
Gelombang radio

Gelombang radio dihasilkan oleh muatan listrik yang dipercepat oleh kabel konduktif. Muatan ini dibuat oleh sirkuit elektronik yang disebut osilator. Gelombang radio ini juga dipancarkan dari antena. Anda tidak dapat mendengar radio secara langsung, tetapi penerima radio mengubah energi gelombang menjadi energi suara terlebih dahulu. Siaran radio menggunakan gelombang radio dengan sistem AM (modulasi amplitudo) dan FM (modulasi frekuensi). Kedua gelombang ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keuntungan dari sistem AM adalah jaraknya yang jauh, karena dapat dipantulkan dari lapisan ionosfer tetapi dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Keuntungan dari sistem FM adalah tidak dipengaruhi oleh kondisi cuaca, tetapi jangkauannya tidak terlalu bagus karena tidak dapat dipantulkan dari lapisan ionosfer.

Gelombang mikro

Gelombang mikro (microwaves) merupakan gelombang radio dengan frekuensi paling tinggi, yaitu di atas 3 GHz. Gelombang mikro bisa disebut sebagai pendeteksi benda-benda termal. Saat makanan menyerap radiasi gelombang mikro, ia menjadi panas dalam selang waktu yang sangat singkat. Metode ini digunakan dalam oven microwave untuk memasak makanan dengan cepat dan ekonomis. Gelombang mikro juga digunakan dalam perangkat komunikasi, pesawat RADAR (Radio Detection and Ranging). Radar artinya menggunakan gelombang mikro untuk mencari dan menentukan jejak suatu objek. Pesawat radar memanfaatkan sifat refleksi gelombang mikro. Jika interval waktu antara mengirim pulsa ke target dan menerima pulsa pantul dari target adalah Delta t, Anda dapat mencari jarak antara target dan pusat radar menggunakan rumus: s dalam meter, c adalah kecepatan gelombang propagasi (3.10 ^ 8 m / s) dan t dalam hitungan detik.
Baca lebih lanjut: Teks Tes yang Direkam

Sinar inframerah

Sinar inframerah dibuat oleh atom-atom dalam molekul yang bergetar saat benda dipanaskan. Getaran atom dalam molekul memancarkan gelombang elektromagnetik dalam rentang panjang gelombang yang khas dalam rentang inframerah. Setiap benda panas memancarkan inframerah. Besarnya sinar infra merah yang dipancarkan bergantung pada suhu dan warna benda. Sinar infra merah dapat digunakan dalam bidang medis untuk mendiagnosis kesehatan tubuh. Sinar infra merah juga digunakan saat merekam permukaan bumi. Radiasi infra merah juga dapat digunakan dalam alarm keamanan. Salah satu kegunaan paling populer dari cahaya infra merah saat ini adalah untuk mengontrol AC, televisi, dan VCD dari jarak jauh. Secara umum infra merah memiliki banyak keunggulan dalam bidang medis, industri, dan astronomi.
Cahaya tampak

Cahaya tampak adalah bagian dari spektrum gelombang elektromagnetik yang dapat dilihat oleh mata manusia dan membantu penglihatan kita. Perbedaan cara mata melihatnya karena perbedaan panjang gelombang dan frekuensi cahaya menyebabkan warna berbeda.

 

LIHAT JUGA :

https://bengkelharga.com/
https://hon.co.id/
https://belinda-carlisle.com/
https://dunebuggyforsale.org/
https://synthesisters.com/
https://ekonomija.org/
https://intergalactictravelbureau.com/
https://mlwcards.com/
https://poekickstarter.com/
https://profilesinterror.com/