Gejala Bronkitis yang Harus Anda Waspadai

Gejala Bronkitis yang Harus Anda Waspadai

Bronkitis adalah pembengkakan dan peradangan terhadap saluran utama pernapasan atau bronkus. Bronkus adalah saluran yang bertanggung jawab untuk menyalurkan hawa berasal dari tenggorokan ke paru-paru. Penyakit bronkitis akan mempersulit nampak masuknya hawa ke paru-paru. Ketahui apa saja tanda-tanda bronkitis berasal dari jenisnya yakni akut dan kronis.

Apa Itu Bronkitis?
Bronkitis adalah peradangan terhadap selaput bronkial, yakni saluran pernapasan utama sebagai saluran nampak masuknya hawa berasal dari dan ke paru-paru. Peradangan terhadap bronkus ini akan sebabkan penderitanya kesusahan bernapas dengan tanda-tanda lazim kerap batuk lendir kental yang mampu berubah warna.

Bronkitis umumnya berkembang berasal dari pilek atau infeksi pernapasan lainnya. Terdapat dua model bronkitis, yakni akut dan kronis. Bronkitis akut adalah model yang paling lazim atau disebut juga dengan pilek dada. Kondisi ini akan membaik didalam selagi perawatan 7-10 hari. Apabila bronkitis akut kambuh dan berulang, Anda kemungkinan menderita bronkitis kronis.

Gejala Bronkitis Paling Umum
Gejala penyakit bronkitis yang lazim adalah batuk, sukar bersihkan lendir atau dahak selagi batuk, dan sesak napas. Gejala lainnya meliputi:

Batuk atau batuk kering secara terus-menerus
Batuk berlendir kental atau dahak
Sesak napas
Demam ringan
Menggigil
Sakit tenggorokan
Sakit kepala
Pegal-pegal
Hidung tersumbat
Gejala berikut kemungkinan berjalan sebagian hari atau sebagian minggu hingga bulanan seumpama tidak langsung ditangani dengan baik.

Gejala Bronkitis terhadap Anak
Pada anak, bronkitis umumnya disebabkan oleh virus. Sementara tanda-tanda penyakit bronkitis terhadap anak-anak nyaris sama dengan tanda-tanda orang dewasa.

Gejalanya meliputi:

Batuk kering
Batuk penuh lendir
Hidung beringus
Tidak sedap badan
Panas dingin
Demam ringan
Nyeri dada
Hidung tersumbat
Sakit tenggorokan
Nyeri otot
Mual dan muntah
Gejala terhadap anak umumnya dirasakan sepanjang 7-14 hari tetapi mampu berjalan 3 hingga 4 minggu. Gejala berikut sama dengan tanda-tanda penyakit lazim lainnya, jadi ingin langsung konsultasi dengan dokter untuk diagnosis yang tepat.

Gejala Bronkitis Akut
Bronkitis akut adalah model bronkitis yang paling lazim berjalan akibat infeksi virus atau infeksi bakteri. Bronkitis akut juga kemungkinan berjalan akibat iritasi berasal dari asap, debu, atau uap tertentu. Gejalanya berjalan 7 hingga 10 hari atau sebagian minggu, meliputi:

Batuk
Gejala penyakit bronkitis yang paling khas adalah batuk. Awalnya, Anda akan mengalami batuk kering biasa. Saat bronkus jadi meradang dan membengkak, Anda akan mengalami batuk lendir dan diikuti tanda-tanda lazim lainnya.

Lendir
Batuk berlendir atau ingus jadi tampak putih. Lendir mampu berubah warna berasal dari putih jadi kehijauan atau kuning. Lendir ini jadi tanda bahwa Anda mengalami bronkitis akibat infeksi bakteri di mana sel-sel yang terkait dengan peradangan juga menginfeksi saluran pernapasan.

Sementara itu, tanda-tanda lainnya meliputi:

Sesak napas
Nyeri dada
Sakit kepala ringan
Demam
Badan jadi nyeri
Gejala bronkitis akut umumnya mereda setelah 7 hingga 10 hari didalam perawatan yang efektif, tetapi Anda kemungkinan tetap batuk sepanjang sebagian minggu.

Gejala Bronkitis Kronis
Penderita bronkitis akut secara terus-menerus mampu mengembangkan penyakitnya jadi bronkitis kronis. Bronkitis kritis mempunyai tanda-tanda yang sama dengan bronkitis akut, tetapi tanda-tanda berikut terus-menerus atau kambuh tiap-tiap hari. Kondisi ini mampu berjalan setidaknya 3 bulan didalam setahun hingga 2 th. atau lebih secara berturut-turut.

Berdasarkan laporan berasal dari National Library of Medicine, bronkitis kritis juga didalam chronic obstructive pulmonary disease (COPD) atau Penyakit paru obstruktif kritis (PPOK). Kondisi ini berjalan akibat bronkus memproduksi terlalu banyak lendir yang akan hilang atau kambuh lagi.

Kapan Harus ke Dokter?
Gejala bronkitis akut mampu disembuhkan dengan perawatan di rumah, yakni istirahat yang cukup, minum air putih, dan pemanfaatan obat antiinflamasi non steroid (NSAID).

Anda harus konsultasi ke dokter apabila:

Batuk kritis tidak berhenti lebih berasal dari 3 minggu
Demam tinggi lebih berasal dari 3 hari yang disertai batuk
Batuk berlendir atau batuk berdarah
Memiliki segi risiko lainnya seperti penyakit asma, gagal jantung, atau emfisema
Sesak napas
Mengalami episode bronkitis berulang atau bronkitis yang kambuh
Memiliki segi risiko infeksi paru-paru lainnya, seperti pneumonia yang gejalanya sama dengan bronkitis
Dokter akan jalankan diagnosis untuk mengindikasikan masalah kebugaran yang mendasari tanda-tanda yang Anda rasakan atau seumpama Anda mempunyai risiko untuk mengembangkan penyakit lain dengan tanda-tanda problem pernapasan serupa.

Itulah pembahasan lengkap tentang tanda-tanda penyakit bronkitis. Gejalanya sama dengan batuk, pilek, flu biasa, dan pneumonia. Segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut seumpama Anda mengalami gejalanya berhari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga :