Clauses of Reason : Materi, Penggunaan, Contoh Kalimat

Klausa Alasan : Materi, Penggunaan, Contoh Kalimat dan Soal Latihan

clauses-of-reason

Dalam tugas tertulis dan lisan Anda, Anda sering kali perlu menjawab pertanyaan ‘Mengapa?’. Ketika Anda ingin menjelaskan mengapa sesuatu terjadi, Anda dapat menggunakan klausa alasan yang diperkenalkan oleh konjungsi karena, sebagai atau sejak.

Dalam kegiatan sehari-hari Anda di sekolah, tentu Anda akan menemukan pertanyaan Mengapa? Bagaimana bisa? Bagaimana hal itu terjadi? Dan lainnya, yang pada dasarnya adalah semua kata tanya yang menanyakan alasan/penyebab mengapa sesuatu bisa terjadi.

Misalnya, dalam soal ulangan harian ada pertanyaan: “Mengapa kamu datang terlambat?” mengapa kamu terlambat? Mengapa kamu menangis dll. Untuk menjawab pertanyaan di atas, tentu kami akan menyebutkan alasan mengapa kami terlambat, apa yang menyebabkan sesuatu terjadi seperti itu dan seterusnya dan seterusnya.

Nah Sahabat IBI, untuk mengungkapkan alasan (Reason) dalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

  • – Karena / Sebab
  • – Karena
  • – Sebagai / Sejak
  • – Itu sebabnya

Bagaimana Clause of Reason digunakan?

Cara Mengungkapkan Alasan

Clause of Reason digunakan untuk menyatakan alasan mengapa sesuatu terjadi. Klausa alasan dapat digunakan baik dalam menulis maupun berbicara. Perhatikan penggunaan berikut.

KARENA

  • Dalam percakapan kita sangat sering menggunakan bentuk ‘CAUSE (juga dieja: coz, cos atau cuz, cus dalam bahasa Inggris Amerika)
  • Bentuk “CAUSE” sering kita gunakan dalam percakapan atau komunikasi sehari-hari. Bentuk sebab ini sering diucapkan coz, cos atau cuz, cus khususnya dalam bahasa Inggris Amerika.

Contoh.
Aku pergi karena aku mulai bosan. Aku pergi karena aku bosan.

KARENA + kata benda

Ini adalah preposisi, jadi tidak diikuti oleh klausa dengan kata kerja, itu diikuti oleh kata benda atau frase kata benda.

Dalam preposisi ini, karena tidak dapat diikuti oleh kata kerja setelah kata dari. Karena harus diikuti oleh kata benda atau frase kata benda (Noun/Noun Phrase).

Contoh.

  • Dia terlambat karena lalu lintas. Dia terlambat karena kemacetan lalu lintas.
  • Aku lelah karena semua kerja keras. Aku lelah bekerja keras.

SEBAGAI / SEJAK

Konjungsi ini bersifat formal. Dalam bahasa yang kurang formal, kami lebih suka padanannya dengan SO:

Kunjungan ini sering digunakan dalam situasi formal. Penggunaan formulir ini selalu berhubungan dengan penggunaan So. Lihatlah contoh di bawah ini.

Karena hujan lagi, kita harus tinggal di rumah (= Hujan lagi, jadi kita harus tinggal di rumah). Karena hujan lagi, kami harus di rumah dulu. (saat itu hujan, jadi kami harus di rumah).

Bentuk ini digunakan bila alasannya diketahui. Klausa ini sering diletakkan di awal kalimat. Lihat contoh.

  • Karena saya tidak bisa berbahasa Jerman, kami harus berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Karena kami tidak berbicara bahasa Jerman, kami berkomunikasi dalam bahasa Inggris
  • Karena sudah terlambat, kita harus meninggalkannya untuk besok. Karena sudah larut, kita harus meninggalkannya untuk besok

Di sini sangat bising, karena kami tinggal dekat dengan jalan raya. Di sini sangat bising, karena kami tinggal dekat dengan jalan tol

Membandingkan:

  • – Maaf, saya harus pergi karena saya ada rapat jam 5 (saya memberi Anda informasi baru)
  • – Karena hari ini adalah hari Minggu, mari kita tetap di rumah dan beristirahat (kita berdua tahu bahwa hari ini adalah hari Minggu)

ITU (ALASAN) MENGAPA

Klausa relatif ini sangat umum digunakan untuk mengungkapkan alasan (terutama dalam versi pendeknya).
Klausa relatif ini sangat umum digunakan untuk menyatakan alasan (terutama dalam bentuk pendek).

Contoh.

  • Mobil saya rusak, itulah alasan mengapa saya datang dengan berjalan kaki. Mobil saya mogok, itulah alasan saya berjalan.
  • Aku tidak tahu dia adikmu, itu sebabnya aku tidak berbicara dengannya.
  • Anda berbicara bahasa Inggris dengan sangat baik. Oh ya, saya lupa bahasa Inggris ibumu. Itu sebabnya. Anda berbicara bahasa Inggris dengan sangat baik, oh ya saya lupa ibumu adalah bahasa Inggris. Itulah alasan mengapa Anda fasih berbahasa Inggris.

Lebih Banyak Contoh Clause of Reason:

Karena Anda tidak percaya saya, saya tidak akan memberikan bukti. Karena kamu tidak percaya padaku, aku tidak akan memberikan bukti apa pun

Karena kurangnya pelatihan ia mengalami kesulitan mencari pekerjaan. Karena kurangnya pelatihan, dia kesulitan mencari pekerjaan.

  • Dia memberikan jaketnya karena kasihan. Dia memberikan jaket itu karena kasihan
  • Karena cuaca, kami tidak pergi jalan-jalan. Karena cuaca kami tidak pergi jalan-jalan.
  • Billy dihukum karena berbohong kepada gurunya. Billy dihukum karena berbohong kepada gurunya

Karena salju, pesawat tidak bisa lepas landas. Karena salju, pesawat tidak bisa lepas landas.

  • Karena Anda adalah orang asing, Anda tidak dapat mengungkapkan pendapat Anda tentang situasi di daerah tersebut.
  • Melihat Anda tidak tertarik, saya akan melakukannya sendiri. Karena Melihat Anda tidak tertarik, saya akan melakukannya sendiri.

Sumber :