Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Pria

Ada berbagai cara untuk meningkatkan kualitas sperma untuk meningkatkan kesuburan Anda. Metode ini umumnya dikaitkan dengan gaya hidup yang lebih sehat, dan meninggalkan kebiasaan yang tidak sehat. Lantas, apa gaya hidup sehat yang bisa meningkatkan kualitas sperma bagi pria?

Cara meningkatkan kualitas sperma dengan gaya hidup sehat

Donor sperm from rastegnut the pants and jar from analyzes at hands. White substance like on sperm at container.; Shutterstock ID 673874047; Purchase Order: –

Berikut adalah berbagai pilihan gaya hidup sehat yang juga dapat membantu menjaga kesehatan sperma.

1. Berolahraga secara teratur

Waktu berolahraga tentu tidak cukup untuk membantu meningkatkan kualitas sperma. Untuk meningkatkan kualitas sperma, Anda perlu berolahraga secara teratur, bukan hanya sesekali. Misalnya, Anda dapat berolahraga setidaknya sekali seminggu untuk mendukung kesehatan sperma.

Ini karena, pria yang rajin berolahraga akan memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi dan kualitas sperma yang lebih baik jika dibandingkan dengan orang yang tidak rajin menurunkan berat badan. Namun, Anda juga perlu berhati-hati untuk tidak melakukan latihan di luar kemampuan Anda.

Alih-alih meningkatkan kualitas sperma yang Anda miliki, olahraga berlebihan justru memiliki efek sebaliknya. Jika tubuh lelah karena terlalu banyak berolahraga, tingkat testosteron dalam tubuh akan sepenuhnya berkurang.

2. Pertahankan berat badan yang sesuai

Mempertahankan berat badan adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin meningkatkan kualitas sperma Anda. Anda dapat membuatnya untuk meningkatkan kualitas sperma dengan berolahraga dan makan makanan yang baik untuk sperma.

Jika Anda tidak mempertahankan berat badan, Anda akan kelebihan berat badan atau umumnya dikenal dengan obesitas. Sementara itu, obesitas sebenarnya berkurang untuk mengurangi kualitas sperma yang Anda miliki. Karena itu, ada baiknya jika Anda menjaga berat badan.

3. Makan makanan sehat

Makan makanan sehat untuk meningkatkan kualitas sperma adalah sesuatu yang bisa Anda lakukan. Anda bisa makan makanan yang kaya nutrisi yang dipercaya khusus untuk mendukung ini.

Misalnya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya folat atau vitamin B9, seng, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, vitamin E, untuk asam lemak omega-3. Makanan yang mengandung nutrisi ini dianggap membantu meningkatkan sperma.

4. Kurangi stres untuk meningkatkan kualitas sperma

Cara lain yang mungkin untuk meningkatkan kualitas sperma adalah dengan mengurangi stres. Anda juga disarankan untuk menjauhi hal-hal yang menyebabkan stres.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Urology Reviews menunjukkan bahwa stres dapat mengurangi kepuasan dengan jenis latihan ini. Tapi, tidak hanya itu, stres juga bisa memengaruhi kesuburan Anda.

Kaitan antara stres dan kesuburan diyakini terjadi karena hormon kortisol dalam tubuh. Jika Anda mengalami stres berkepanjangan, hormon kortisol dalam tubuh Anda akan meningkat. Ini dapat mempengaruhi efek reproduksi dari hormon, hormon testosteron.

Masalahnya adalah, ketika hormon kortisol meningkat, hormon testosteron justru turun. Bahkan, itu termasuk hormon testosteron yang dibutuhkan untuk pembentukan sperma. Karena itu, lebih baik jika Anda menghindari stres dan juga memicu jika Anda ingin meningkatkan kualitas sperma.

Ada beberapa cara yang dapat Anda pilih untuk mengatasi stres, seperti berjalan di tempat yang tenang, tempat yang tenang, bermeditasi, atau menghabiskan waktu bersama teman-teman baik.

5. Jangan menggunakan alkohol
Meskipun tidak dapat diandalkan, konsumsi alkohol dianggap mempengaruhi kesehatan sperma. Tidak hanya itu, konsumsi alkohol tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Jadi, jika Anda ingin meningkatkan kualitas sperma, ada baiknya jika Anda mengurangi konsumsi alkohol. Terutama jika Anda ingin menjalani program IVF. Dengan mengurangi konsumsi alkohol, upaya untuk meningkatkan kualitas sperma dapat berhasil.

Baca juga: