Cara Membuat Transparent Text Dalam Video

Saya merasa seperti saya sudah lama tidak mengupdate blog ini karena beberapa waktu yang lalu, saya mengalami kecelakaan atau ujian yang menantang. Semoga dengan update kali ini saya bisa menyampaikan nostalgia blog ini kepada teman-teman.

Pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang cara membuat efek teks transparan di Adobe Premiere Pro. Syarat seperti pada teks adalah video dan background bisa berupa warna default (hitam) atau sesuai keinginan.

Arti dari “Transparent Text” sendiri bisa diartikan sebagai cara membuat teks menjadi transparan atau seperti yang sudah dijelaskan, ada video tertentu yang diinginkan.

Hasil edit yang kami lakukan adalah menggunakan software adobe premiere pro, jika anda seorang pemula bisa melihat artikel sebelumnya untuk mengedit video bokeh pada adobe premiere pro pemula.

Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat tutorial dibawah ini yang akan saya tulis secara detail, bahkan pemula pun bisa mengerti.

Cara Membuat Efek Teks Transparan di Adobe Premire Pro

Apakah ada yang membuat efek transparan ini? Sangat mudah untuk memiliki beberapa elemen tanpa plugin karena tersedia dari fitur standar Adobe Premiere. Bahan yang dibutuhkan adalah:

1. Teks atau Judul Warisan

2. Video Hitam (mungkin Warna Matte)

3. Videonya sendiri (gratis)

4. Lacak efek Tombol Matte

Mengingat efek tersebut, menjadikannya sebagai tema perjalanan atau sejarah yang dapat Anda ubah atau tambahkan ke efek karya baru.

Pertama-tama, saya akan menunjukkan kepada Anda dalam jangka panjang apa yang harus dilakukan selanjutnya dan kurang lebih seperti ini.

Dalam timeline, beberapa item yang saya tulis di atas. Jadi, kami akan membuat pengaturan seperti ini.

Mungkin Anda perlu tahu lebih banyak tentang timeline.

1. Judul 01: Merupakan teks atau judul yang akan diberi efek transparan. Lapisan di atas (Video3) seperti yang Anda lihat.

2. Warna Matte: Lapisan ekstra dari lapisan merupakan perantara untuk mengaplikasikan efek yang akan diberikan. Jadi jangan langsung masuk ke videonya.

3. Planet Earth: Ini adalah bagian dari video yang akan Anda simpan, tergantung dari video atau gambar apa yang Anda miliki jika Anda berada di posisi paling bawah.

Ekstra: Jika Anda ingin mengubah tampilan latar belakang ke warna apapun, Anda dapat menggunakan warna matte, jika hitam, Anda dapat menggunakan item lapisan Video Hitam.

Langkah pertama

Seperti biasa, Anda perlu membuat proyek baru, mengatur, dan menggunakan resolusi yang diinginkan. Di panel Pekerjaan, kami memilih Item Baru> Warna Matte atau Video Hitam.

Saya menggunakan Color Matte karena nanti saya bisa mengubah warna dari hitam ke warna lain, atau dengan Black Video Bokeh Effect saja sudah cukup.

Buat Lapisan Video Matte atau Hitam

Langkah Kedua

Untuk membuat teks, Anda dapat menggunakan dua metode. Pada ikon teks di bawah, Anda akan menemukan versi Adobe Premiere 2017 ke atas.

Untuk mencari Legacy Title, anda bisa masuk ke File> New> Legacy Title karena versi 2017 dan diatasnya menghilang sebelum saya menggunakan versi 2014 yaitu pada menu Title.

Sejak menggunakan versi 2017 ke atas, saya bingung membuat teks, dan sudah pindah. Saya saat ini menggunakan versi 2018.

Kami membuat Teks dengan cara ini, dan menggunakan resolusi seperti yang Anda lakukan sebelumnya.

Langkah ketiga

Misalnya, Anda dapat membuat teks yang diinginkan. Pilih font tebal dan tebal karena akan meningkatkan estetika video yang akan Anda buat.

Teks yang digunakan adalah Impact, jadi Anda tidak perlu mendownloadnya disana-sini karena tersedia dari default Windows.

Tambahkan Efek Matte Track Lock
Ini adalah bagian yang sangat penting untuk membuat teks menjadi transparan di Adobe Premiere, Anda dapat menambahkan Efek Matte Key Track.

Jika tidak ada panel Effects, Anda dapat menambahkannya di bawah judul Window> Effects. Ini akan ditampilkan secara otomatis di bagian tertentu.

Baca juga: