Cara Install VirtualBox Windows 7, 8, 9

adventuregamespubs.com – Virtualbox adalah aplikasi yang memudahkan kita untuk menginstal sistem operasi virtual (buatan). Aplikasi ini seperti mesin virtual yang digunakan untuk berlatih menginstal Windows, Linux dan sistem operasi lainnya.

Aplikasi ini gratis untuk digunakan atau dengan nama lain orang biasa menyebutnya aplikasi open source.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menginstal sistem operasi yang berbeda tanpa harus dual boot atau menginstal ulang pada laptop yang Anda gunakan.

Uniknya, meski sudah terpasang, data asli di laptop Anda tidak akan hilang atau rusak, jadi Anda tidak perlu khawatir menggunakan aplikasi ini. Kami akan mempelajari lebih lanjut tentang cara menggunakan dan menginstal Virtualbox dengan mudah.

Cara Install VirtualBox Windows 7, 8, 9

Cara Install VirtualBox

Proses menginstal Virtualbox dan mem-boot mesin virtual tidak sulit. Aplikasi ini sangat mudah digunakan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstall Virtualbox untuk menjalankan mesin virtual tersebut.

  1. Unduh VirtualBox

Yang pertama adalah mendownload aplikasi Virtualbox terlebih dahulu. Silahkan sesuaikan dengan laptop Anda.

  1. Lakukan instalasi

Jika sudah di download, klik dua kali pada aplikasi dan akan muncul layar seperti berikut, untuk melanjutkan proses instalasi klik “Next”

  1. Atur foldernya

Maka akan muncul layar custom setting, jangan ubah apapun. Cukup ikuti pengaturan default dan kemudian pilih Berikutnya

  1. Pengaturan khusus

Langkah selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini, tampilan ini digunakan untuk mengkonfigurasi Virtualbox anda, berikan checklist semuanya lalu klik next

  1. Terima peringatannya

Kemudian, pada tahap selanjutnya akan muncul jendela yang meminta Anda untuk mematikan sementara Internet selama proses instalasi Virtualbox, jika Anda setuju, klik saja https://kuliahpendidikan.com/

Jadi ini langkah terakhir tinggal klik install dan tunggu prosesnya selesai 6. Install berhasil

Ketika proses instalasi selesai, layar berikut akan muncul. Ketika Anda memulai Oracle VM VirtualBox 5.1.8 setelah instalasi, pilih saja checklist dan klik Finish, maka proses instalasi selesai.

Cara membuat mesin virtual

Setelah menginstal Virtualbox di laptop, pertama-tama kita harus melanjutkan dengan membuat mesin virtual. Berikut cara menggunakan Virtualbox.

  1. Buat mesin virtual baru

Untuk membuat mesin virtual, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah klik New di pojok kiri atas atau tekan Ctrl + New pada keyboard Anda

  1. Atur jenis sistem operasi

Anda kemudian akan diminta untuk mengisi nama, jenis, dan versi mesin virtual yang ingin Anda buat. Di bawah Type and version, isikan sesuai dengan sistem operasi yang ingin Anda instal, lalu klik Next

  1. Setel RAM

Anda kemudian akan diminta untuk menyesuaikan ukuran RAM. Sedangkan untuk Virtualbox default akan otomatis terkonfigurasi sesuai dengan sistem operasi yang dipilih, namun Anda juga bisa mengonfigurasinya sesuai keinginan.

Semakin banyak RAM yang kamu alokasikan maka Virtualbox akan semakin lancar, jika sudah selesai mengalokasikan tinggal klik Next.

  1. Manajemen hard drive

Kemudian, pada tahap selanjutnya, Anda akan diminta untuk membuat harddisk virtual yang akan digunakan untuk menginstal perangkat lunak dan sistem operasi pada mesin virtual. Ada 3 pilihan untuk membuat hardisk, yaitu :

  • Jangan tambahkan hard disk virtual = Ini berarti hard disk akan dibuat dalam konfigurasi terpisah setelah pembuatan mesin virtual selesai, dan opsi ini biasanya dipilih oleh orang yang sudah mahir.
  • Buat hard drive virtual sekarang = Buat hard drive dengan mesin virtual
  • Gunakan file hard disk virtual yang ada = Ini berarti menggunakan hard disk virtual yang dibuat sebelumnya
  • Karena ini adalah awalan yang kita gunakan untuk membuat mesin virtual, pilih saja opsi Buat hard disk virtual sekarang lalu pilih Buat

Sumber: ppklkemenkop.id