Bisakah Meminum Air Hujan?

Air adalah elemen penting dari hampir setiap bentuk kehidupan. Faktanya, air membentuk sekitar 60% dari tubuh manusia (1).

Tubuh Anda kehilangan air melalui berbagai proses biologis alami seperti keringat dan pembuangan limbah. Minum banyak setiap hari membantu menebus kerugian dan menjaga tubuh Anda tetap sehat dan berfungsi secara optimal.

Banyak orang yang terbiasa mendapatkan air minum dari pipa, sumur, mata air, sungai, atau botol – tetapi Anda mungkin bertanya-tanya apakah aman untuk meminum air hujan.

Artikel ini berisi semua hal yang perlu Anda ketahui tentang minum air hujan, serta beberapa tip tentang aman tidaknya minum air minum.

Julia Sudnitskaya / Getty Images

Air hujan yang aman diminum

Tidak ada yang aman atau buruk tentang meminum air hujan jika bersih. Faktanya, air hujan merupakan sumber utama air minum di banyak komunitas di seluruh dunia.

Namun, tidak semua air hujan bisa diminum.

Banyak faktor fisik dan lingkungan yang dapat mengubah air hujan yang bersih dan segar menjadi gangguan kesehatan. Ini mungkin mengandung parasit, bakteri berbahaya, dan virus dan secara historis telah dikaitkan dengan wabah penyakit (2).

Air hujan yang jatuh di area yang sangat terkontaminasi atau kontak dengan kontaminan seperti kotoran hewan atau logam berat mungkin tidak cocok untuk digunakan manusia (2).

Oleh karena itu, tidak disarankan untuk mulai mengumpulkan dan meminum air hujan kecuali Anda sudah 100% yakin bahwa air tersebut bersih dan aman untuk dikonsumsi manusia.

RINGKASAN
Meskipun air hujan bersih dapat dimakan dengan aman, air mudah terkontaminasi saat dijatuhkan, yang dapat menimbulkan bahaya kesehatan yang signifikan.

IKLAN
Opsi manajemen berat badan telah berkembang
Selesaikan kuis kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang teknik dan tip untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Tips untuk meningkatkan keamanan air hujan

Sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi keamanan air hujan, antara lain frekuensi curah hujan di wilayah geografis, tingkat pencemaran udara, serta metode dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan, mengolah, menguji, dan menyimpan air (2).

Jenis bakteri, virus, atau parasit tertentu dapat dibunuh dengan air mendidih, tetapi jenis lain mungkin memerlukan perawatan kimiawi sebelum air dapat diminum dengan aman (3).

Sistem penyaringan air mungkin diperlukan untuk menghilangkan kontaminan kimiawi seperti logam berat (4).

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), air hujan yang dikumpulkan untuk tujuan minum harus disaring, didesinfeksi, dan diuji secara berkala (2).

Jika Anda tidak dapat melakukan proses ini secara efektif, Anda disarankan untuk menggunakan air hujan yang dikumpulkan hanya untuk keperluan lain, seperti berkebun, mencuci pakaian, atau mandi.

Harap dicatat bahwa ada batasan hukum tentang pengambilan air hujan di beberapa lokasi. Oleh karena itu, jika Anda berencana untuk menerapkan sistem pengumpulan air hujan, pastikan jumlah yang dikumpulkan dan metode pengumpulannya diperbolehkan di wilayah Anda.

Baca juga: