Bersihkan Kipas Komputer

Bersihkan Kipas Komputer
Bersihkan Kipas Komputer

Table of Contents

Bersihkan Kipas Komputer

Bersihkan Kipas Komputer
Bersihkan Kipas Komputer

Bagian yang satu ini sering luput dari para pengguna komputer untuk dibersihkan. Padahal, seiring waktu, kipas dan ventilasinya akan tertutup debu, rambut, dan kotoran lainnya. Jika sistem panas, fan akan bekerja lebih keras dari biasanya. Dan jika fan terhambat kotoran, maka kecepatan putar fan tidak sesuai dengan yang diharapkan, sehingga akan membuat processor menjadi panas. Untuk itu bersihkanlah kipas pada CPU Anda dan rasakan perbedaannya walaupun hanya sedikit.

Overclock Video Card
Cara ini sama seperti langkah tentang overclock CPU. Jika  sudah membacanya, pasti  sudah mengetahui kelebihan dan kelemahannya. Begitupun dengan overclock video card. Dengan meng-overclock video card,  bisa meningkatkan kualitas tampilan game yang  punya. Caranya bervariasi.
Biasanya vendor video card macam nVIDIA atau ATi sudah menyiapkan program untuk overclock video card buatan masing-masing vendor itu. Tentu dengan cara yang lebih aman ketimbang cara manual.

Edit BIOS Video Card
Ini merupakan cara yang lebih advanced dari cara pertama tadi. Dan tentu saja resikonya pun cukup tinggi. Bahkan bisa dibilang ini merupakan cara yang dapat meningkatkan performa komputer dengan cepat, sekaligus cara tercepat untuk merusak video card .

Tingkatkan Clock GMA
GMA itu singkatan dari Graphics Media Accelerator. Biasanya benda ini disatukan dengan processor dari Intel. Berfungsi sebagai VGA onboard. Jadi kalau  komputernya tidak memiliki VGA seperti ATi atau NVIDIA, maka VGA onboard-lah yang setia mendampingi  saat bermain game. Kebanyakan vendornya dari Intel (bukan intelejen ya).
Mungkin GMA ini kurang memuaskan bagi para gamer yang tidak punya dana untuk membeli VGA dan pasrah dengan VGA onboard. Tapi seringkali juga mengeluh. Namun ada beberapa GMA yang bisa di overclock.  bisa menggunakan GMABooster sebagai perantara untuk meningkatkan clock dari GMA ini tanpa mengubah tegangan atau stabilitas sistem.

Disable Accoustic Mode
Bukan berarti jadi aliran rock atau metal ya. Accoustic Mode ini adalah fitur dari HDD agar HDD berjalan sunyi, tidak ribut. Memang bagus, tapi akan memperlambat kinerja komputer . Nah, bagi  yang lebih mementingkan kecepatan ketimbang suara harddisk,  bisa merubahnya di BIOS. Caranya,  masuk ke BIOS (ketok-ketok pintu dulu, jangan lupa salam sama BIOS), cari HDD Accoustic Mode. Mungkin ada di bagian Performance dan pastikan diset ke Performance, bukan Quiet.

Baca Juga :