Berapa Lama Invisalign Bekerja?

Invisalign adalah alat yang umum digunakan banyak orang untuk mendapatkan gigi yang lebih lurus.

Tapi berapa lama untuk bekerja?

Diperlukan, rata-rata, kurang dari 2 tahun bagi orang-orang yang menggunakan Invisalign untuk melihat hasilnya, dan itu bisa memakan waktu secepat 6 bulan. Tentu saja, setiap senyuman berbeda, dan mungkin membutuhkan waktu lebih lama atau lebih sedikit tergantung pada apa yang Anda butuhkan. Waktu perawatan secara langsung berkaitan dengan kompleksitas masalah yang ingin Anda tangani.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa yang mungkin menyebabkan menunggu lebih lama untuk hasil Invisalign, serta metode alternatif merapikan gigi.

Bagaimana cara kerja Invisalign?

Invisalign adalah sejenis pelurus gigi yang menggunakan baki plastik untuk menyetel ulang gigi Anda secara perlahan. Baki digunakan 20 hingga 22 jam per hari, hanya dilepas untuk makan dan menyikat gigi.

Pelurus gigi ini dapat ditemukan di kantor ortodontis dan dokter gigi terlatih khusus. Dokter Anda akan mengambil gambar 3-D khusus dari mulut Anda atau cetakan plester mulut Anda pada kunjungan pertama Anda.

Ini kemudian akan digunakan untuk membuat baki Invisalign untuk gigi Anda.

Jenis hal apa yang mempengaruhi waktu perawatan?
Sementara beberapa orang yang menggunakan Invisalign mungkin selesai dengan perawatan mereka dalam 6 bulan, ini bisa memakan waktu hingga beberapa tahun.

Ada beberapa faktor berbeda yang dapat meningkatkan waktu perawatan Anda:

Jenis oklusi atau jarak yang Anda miliki

Invisalign bisa menjadi solusi hebat jika Anda memiliki yang berikut ini:

Overbite: gigi atas Anda tumpang tindih dengan gigi bawah Anda
Underbite: gigi bawah Anda melampaui gigi atas Anda
Berkerumun: jika Anda memiliki rahang yang lebih kecil, gigi Anda mungkin menjadi sesak atau bengkok
Gap: Anda memiliki ruang yang lebih besar di antara gigi Anda
Jenis masalah jarak atau kepadatan yang Anda alami akan menentukan berapa lama Anda perlu memakai Invisalign untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Ortodontis atau dokter gigi Anda dapat memberikan perkiraan waktu yang lebih baik untuk kasus spesifik Anda.

Usia kamu
Saat Anda lebih muda, gigi Anda cenderung lebih mudah diatur ulang. Inilah mengapa kawat gigi sangat umum di kalangan siswa sekolah menengah dan atas.

Apakah itu berarti gigi dewasa tidak bisa diluruskan? Tidak! Ini hanya berarti bahwa ini mungkin membutuhkan waktu lebih lama, tergantung pada usia Anda.

Seberapa patuh Anda dengan rencana perawatan Anda
Hal lain yang dapat mempengaruhi waktu perawatan Anda adalah seberapa dekat Anda mengikuti rencana perawatan. Baki pelurus Invisalign dirancang untuk menggerakkan satu gigi pada satu waktu.

Artinya, setelah satu gigi sejajar dan sekarang saatnya untuk pindah ke gigi berikutnya, Anda harus mengganti baki. Biasanya ada jadwal yang ditetapkan untuk ini, dan jika Anda tidak mengikutinya, perawatan Anda kemungkinan akan memakan waktu lebih lama.

Praktik terbaik Invisalign
Ikuti janji dengan dokter gigi atau ortodontis yang dijadwalkan secara teratur.
Kenakan pelurus selama 20 hingga 22 jam per hari, lepaskan hanya untuk makan, minum, atau waktu yang singkat jika benar-benar diperlukan.
Ganti baki sesuai jadwal.
Jika Anda tidak yakin dengan rencana perawatan Anda, mintalah penyedia gigi Anda untuk membahasnya bersama Anda.

Alternatif untuk Invisalign

Jika mengenakan dan mengganti baki plastik tidak berhasil untuk Anda, atau perawatannya memakan waktu terlalu lama, Anda memiliki opsi lain.

Kawat gigi tradisional terkadang memakan waktu lebih sedikit, seperti halnya kawat gigi lingual. Mereka mungkin tidak menyenangkan secara estetika, tetapi seringkali bekerja lebih cepat.

Baca juga: