Tips Ringan dalam Mengelola Kelas Buat Guru PL

Tips Ringan dalam Mengelola Kelas Buat Guru PL

Beberapa jam sebelum saat artikel ini diturunkan, penulis udah melakukan kolaborasi pembelajaran dengan guru PL (Praktek Lapangan) di sekolah. Kolaborasi ini melibatkan penulis (guru IPA) dengan kolaborator (guru PL) mata pelajaran Matematika, Anita Marlina dan Fitri Turyani.

Tips Ringan dalam Mengelola Kelas Buat Guru PL

Guru PL dalam kolaborasi pembelajaran ini bertindak sebagai supervisor kecil-kecilan. Maksudnya, guru PL mengamati dan menilai bagaimana penulis mengajar di ruang kelas. Pengamatan dimaksudkan terlebih pada pengelolaan kelas sementara pembelajaran berlangsung.

Kolaborasi dengan guru mata pelajaran lain atau yang serumpun terlalu berguna bagi guru PL. Dengan kolaborasi ini guru PL bisa menimba dan memperkaya pengetahuan pengetahuan serta wawasan dalam mengelola kelas sementara mengajar..

Proses kolaborasi pada penulis dan guru PL berlangsung alamiah. Artinya berlangsung apa ada tanpa rekayasa. Para guru PL mau mengadakan supervisi dan penulis tidak keberatan untuk terima kehadiran para guru PL tersebut.

#Bukan perkara mudah

Mengelola kelas, bukanlah pekerjaan yang mudah. Sebuah kelas diisi oleh sekian murid dengan karakter dan kapabilitas yang berbeda. Dinamika pembelajaran di ruang kelas, terlalu menuntut trik dan metode pembelajaran yang cocok dengan suasana murid di kelas bersangkutan.

Barangkali, belum ada guru yang terlalu bisa menguasai kelas dengan baik mengingat dinamika sosial siswa kekinian. Namun demikianlah upaya ke arah itu masih tetap dipersiapkan dengan segala trik dan metode..

Menyiapkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang aplikabel adalah langkah yang memadai penting.

Boleh jadi apa yang dikehendaki guru tidak cocok dengan kenyataan. RPP yang disusun sedemikian rupa dapat selalu jadi benda mati belaka. Tidak berpotensi apapun dalam sistem pembelajaran, apalagi merubah intelektual, sikap dan tingkah laku serta psikomotorik siswa.

RPP jadi persiapan teknis bagi guru dalam menggerakkan kegiatan mengajar di ruang kelas. Persiapan teknis dalam wujud tercantum ini dapat memandu segala wujud kegiatan mengajar dan belajar.

RPP yang aplikabel dikehendaki dapat bisa berikan ‘ruh’ kepada pembelajaran.

Selain berasal dari persiapan tertulis, corak pembelajaran yang ditunaikan guru juga dapat memilih pengelolaan kelas dalam pembelajaran.

#Tips mengelola kelas

Untuk mengelola kelas dan berikan makna kepada RPP yang udah dirancang oleh guru PL, selanjutnya di sediakan tips ringan membuat guru PL

1.Kondisikan seluruh siswa dengan baik
Kondisikan seluruh siswa dengan baik secara fisik maupun psikis, juga siswa yang terlambat masuk ke dalam kelas. Sebelum siswa terlalu siap jangan mengawali mengajar.

Kalau ada murid yang terlambat, berhenti sejenak mengajar. Perhatikan siswa yang terlambat. Ajak untuk mengikuti pelajaran dengan baik. Kalau tidak, boleh jadi siswa yang terlambat ini berpotensi untuk mengganggu sistem pembelajaran dan merepotkan pengelolaan kelas.

2.Serius namun santai
Mulailah mengajar dengan serius. Bila udah berhasil menggiring siswa dalam suasana demikian, atur irama pembelajaran jadi enjoy kemudian sungguh-sungguh lagi, dan begitu seterusnya.

Kalau sungguh-sungguh melulu siswa dapat ngantuk atau bosan mengikuti pelajaran. Makanya kudu juga pembelajaran diselingi dengan homor dan intermezo sebagai penyegaran bagi siswa.

3.Posisi berdiri saat mengajar
Ketika mengajar, guru kudu mengatur posisi berdiri. Ini memiliki tujuan untuk mengendalikan siswa keseluruhan. Jangan itu ke itu saja siswa yang jadi pusat perhatian guru.

Selain itu guru jangan terlalu kerap membelakangi siswa karena menulis di papan tulis. Sebaliknya guru guru menulis dengan posisi menyamping agar siswa bisa terpantau.

Itu saja tips mengelola kelas membuat guru PL. Semoga berhasil dalam mengelola kelas. Dan kecuali ditemui rintangan pasti bisa berkolaborasi dengan seluruh guru di sekolah area prakek mengajar.

sumber : https://www.ruangguru.co.id/