Sejarah Runtuhnya Uni Soviet dan Penyebabnya

Sejarah Runtuhnya Uni Soviet dan Penyebabnya

Uni Soviet merupakan negara yang punyai dampak & terhitung punyai lokasi yang luas, Uni Soviet begitu besar tapi tinggal cerita dikarenakan memang sudah runtuh. Negara yang begitu besar ini kuat, baik secara militer maupun ekonomi dan merupakan negara pemenang dalam perang dunia, tapi tidak tersedia yang memperkirakan berakhir bersama dengan keruntuhan.

Keruntuhan/kehancuran Uni Soviet sanggup dikatakan tersedia penyebabnya, tidak hanya persoalan politik, tapi tersedia terhitung faktor-faktor lainnya.

1. Harga minyak merosot
Uni Soviet merupakan negara penghasil minyak di mana bersama dengan minyak ini beroleh banyak devisi & sanggup mendukung negara lain di Eropa Timur agar Uni Soviet begitu disegani oleh sebagian negara terlebih yang masuk dalam Pakta Warsawa. Tetapi pas harga minyak turun drastis, negara ini kehilangan pemasukan yang begitu mendukung perekonomian.

2. Keragaman Budaya
Uni Soviet terhitung punyai keragaman budaya yang susah disatukan hingga menyebabkan benih perpecahan, persoalan internal ini membawa kehancuran pada negara ini. https://www.biologi.co.id/6-ciri-ciri-makhluk-hidup/

3. Reformasi Gorbachev
Sebelum Gorbachev berkuasa di Uni Soviet dikenal sebagai negara Tirai Besi di mana kebebasan penduduk Uni Soviet begitu dibatasi, padahal kemajuan teknologi yang sanggup dibuka mengakibatkan penduduk paham akan negaranya & negara lain hingga Stelin meninggal, gelombang reformasi keluar hingga pada era Presiden Gorbachev mengeluarkan keputusan yang dikenal bersama dengan Perestroika & Glasnost yang mempengaruhi Uni Soviet yang memperlihatkan jadi awal keruntuhan Uni Soviet di mana memunculkan perasaan ingin bebas & merdeka dari tekanan pemerintah & hal ini jadi penyebab Uni Soviet mengalami perpecahan jadi 15 negara.

Baca Juga :