Perbedaan Cara Mendidik Anak

Keluarga merupakan sekolah pertama bagi anak. Pola asuh dan cara mendidik orangtua pad anak adalah suatu bentuk dari interaksi antara anak dengan orangtua selama lakukan kegiatan pengasuhan. Tanggung jawab orangtuanya adalah mendidik, mengajari, membimbing, dan juga melindungi anak supaya tumbuh kembangnya yang baik. Tak dapat dipungkiri lagi bahwasannya perbedaan sifat laki-laki dan perempaun sedikit banyak akan berpengaruh pada sifat kedekatan anak, yang salah satunya adalah pada saat mendidik anak.

Perbedaan Cara Mendidik Anak
Perbedaan Cara Mendidik Anak

Anda dan juga pasangan bisa mempunyai perbedaan konsep pola mendidik anak yang tak jarang yang demikian ini juga akan menimbulkan konflik. Seperti halnya yang tengah bterjadi pada area lainya kehidupan berumah tangga, perbedaan pandangan suami istri dalam mendidik anak adalah suatu hal yang wajar. Akan tetapi, tak berarti Anda dengan pasangan bisa berselisih di depan sih kecil ya. Tahan perdebatan Anda dan pasangan pada saat ada di dekat anak. Biasanya, apa saja sih yang melatar belakangi terjadinya perbedaan cara mendidik anak antara pasangan? Simak ulasan berikut ini dulu yuk.

Penyebab terjadinya perbedaan cara mendidik anak

  • Persepsi yang berbeda pada saat melihat masalah. Umumnya yang demikian ini dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan dan juga pengalaman yang telah dialami oleh kedua belah pihak.
  • Cara mendidik keluarga yang berbeda-beda dari masing-masing pasangan. Ini memang sangat mempengaruhi dalam cara mereka dalam melihat masalah, berpikir, dan juga mengambil keputusan.
  • Keluarga atau pun teman yang terlalu ikut campur.

Cara mensiasati perbedaan cara mendidik anak

  • Anda dan juga pasangan duduk bersama serta mendiskusikan soal cara mendidik anak masing-masing. Pahamilah nilai positifnya.
  • Apabila ada perbedan yang cukup besar, maka segara diskuasikan sampai tuntas, sehingga masalah tak akan berlanjut dan jadi semakin keruh.
  • Seumpamanya perbedaan tersebut sering sekali berakhir pada konflik, maka Anda bisa mencoba untuk berkonsultasi dengan ahli atau pun dengan orang yang sudah mempunyai pengalaman terkait dengan masalah tersebut.
  • Apabila pasangan Anda mengemukakan pendpat yang ada kaitannya dengan sikap anak yang tak sesuai dengan pemahaman Anda, maka jangan langsung menanggapinya di depan anak. Sebab yang demikian ini hanya akan menjadikan anak Anda semakin bingung, siapa yang seharusnya dia dengar.

Anda dan juga pasangan bisa kok memadukan cara mendidik yang diharapkan masing-masing. Kuncinya di sini adalah mengatasi perbedaannya terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan kata sepakat. Jika kedua perbedaan diterapkan dengan baik, maka akan memberi dampak positif juga bagi tumbuh kembang anak.

Demikianlah tadi informasi tentang perbedaan cara mendidik anak yang bisa kami bagikan. Semoga saja bisa bermanfaat ya. sumber : dosenpendidikan.com