Jaringan Tumbuhan Dan Cirinya

Jaringan Tumbuhan Dan Cirinya

Jaringan Tumbuhan Dan Cirinya

Jaringan Tumbuhan Dan Cirinya

Apa itu Jaringan ?

  • Jaringan adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk, asal, struktur dan fungsi yang sama untuk menjalankan fungsi tertentu.

 

Jaringan Meristem

  • Jaringan meristem adalah jaringan muda yang sel-selnya aktif membelah atau bersifat embrional.
  • Meristem dapat dibedakan menjadi 3 berdasarkan letaknya : meristem apikal, lateral dan meristem interkalar.
  • Berdasarkan asalnya dapat dibedakan menjadi : meristem primer dan sekunder

Meristem Primer

Yaitu jaringan meristem yang merupakan perkembangan lebih lanjut dari pertumbuhan embrio. Contohnya terletak pada ujung batang, ujung akar. Meristem yang terdapat di ujung batang dan ujung akar disebut meristem apikal. Kegiatan jaringan meristem primer menimbulkan batang dan akar bertambang panjang. Pertumbuhan jaringan meristem primer disebut pertumbuhan primer.

 

Meristem sekunder

  • Jaringan meristem sekunder adalah jaringan meristem yang berasal dari jaringan dewasa yaitu kambium. Pertumbuhan jaringan meristem sekunder disebut pertumbuhan sekunder. Kegiatan jaringan meristem menimbulkan pertambahan besar batang tumbuhan yang disebut pertumbuhan skunder,
  • Kambiummembelah ke arah dalam membentuk pembuluh xilemyang berfungsi mengangkut air dan mineral dari tanah ke daun. Sedangkan pembelahan kambium ke arah luar akan menghasilkan pembuluh floem.
  • Proses pembentukan xilem oleh kambium ternyata dipengaruhi oleh musim. Saat musim hujan pembuluh xilem yang dibentuk berukuran besar, dan berangsur-angsur mengecil ketika musim kemarau. Ini menyebabkan terbentuknya lingkaran-lingkaran konsentris pada kayu yang disebut lingkaran tahun yang digunakan untuk memperkirakan umur tanaman

 

Meristem Interkalar

  • Meristem interkalar/aksilar (meristem antara) terdapat di antara jaringan dewasa, misalnya pada pangkal ruas batang. atau meristem antara adalah meristem yang terletak diantara jaringan meristem primer dan jaringan dewasa. Contoh tumbuhan yang memiliki meristem interkalar adalah batang rumput-rumputan (Graminae). Pertumbuhan sel meristem interkalar menyebabkan pemanjangan batang lebih cepat, sebelum tumbuhnya bunga.

 

Jaringan Epidermis

  • Jaringan epidermis adalah jaringan yang terdapat pada tubuh sebelah luar. Jaringan epidermis tersusun atas sel-sel hidup berbentuk pipih selapis yang berderet rapat tanpa ruang antar sel, umumnya tidak berklorofil.
  • Fungsi jaringan epidermis adalah sebagai pelindung terhadap hilangnya air karena penguapan (membatasi transpirasi), kerusakan mekanik (misal: diinjak-injak), perubahan temperature dan hilangnya zat-zat makanan (angin, hujan, dan lain-lain). Jaringan epidermis dapat bermodifikasi menjadi : stomata, trikoma, spina, sel kipas, sel kersik, velamen.

 

Sumber : https://www.gurupendidikan.co.id/jaringan-tumbuhan/