Ingin Kerja Remote? Lihat Dulu 7 Kelebihan dan Kekurangannya

Ingin Kerja Remote? Lihat Dulu 7 Kelebihan dan Kekurangannya

Rekan Kerja, apakah Anda tengah mempertimbangkan untuk remote working atau bekerja dari jarak jauh? Sebagai seorang karyawan, kemungkinan terdapat banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari bekerja remote, seperti jauhi macet, bebas memilih jam dan area kerja, bekerja santai sambil memakai piyama, atau yang lainnya. Sistem remote working memang tidak mengharuskan pekerjanya untuk singgah ke kantor.

Tidak cuma untuk freelancer, saat ini sudah banyak juga perusahaan yang menerapkan sistem ini untuk karyawan selalu mereka. Tidak adanya keharusan untuk bekerja dari pagi hingga malam kemungkinan jadi ketertarikan tersendiri bagi karyawan. Namun, sebelum akan Anda turut terjun didalam pekerjaan dengan sistem remote working, ketahui dulu yuk apa saja kelebihan dan kekurangannya. Penasaran? Check these out!

Keuntungan Remote Working

1. Bebas memilih jam kerja

Rekan Kerja, apakah Anda sukar untuk bangun pagi? Nah, kemungkinan remote working adalah solusi yang tepat untuk Anda dikarenakan Anda tidak harus terpaku pada jam kerja orang-orang kantoran, supaya tidak harus juga tergesa-gesa untuk berangkat di pagi hari. Kapan pun Anda terasa duduk di depan laptop, yang terpenting adalah pekerjaan Anda bisa selesai tepat waktu dan obyek tercapai. Dengan begitu Anda juga bisa merasakan keuntungan lain dari remote working, yakni meraih lebih banyak waktu dengan keluarga. Cara bekerja seperti ini bakal sangat untung Anda, terutama wanita karier yang sudah punya anak.

2. Mencegah stres

Capek harus macet-macetan setiap hari untuk berangkat ke kantor? Salah satu pemicu stres paling besar pada karyawan kantor adalah perjalan pulang dan pergi ke kantor. Macetnya jalanan yang makin lama kritis setiap harinya bisa turunkan motivasi Anda untuk bekerja, apalagi bisa mengakibatkan Anda cepat lelah. Berbeda dengan remote working yang bisa mengakibatkan Anda lebih fokus dan nyaman didalam bekerja supaya tidak harus mengkhawatirkan persoalan ini.

3. Menghemat Pengeluaran

Bekerja tanpa harus ke kantor berarti Anda tidak harus mengeluarkan biaya transportasi, baik untuk naik kendaraan umum, parkir, bensin, dan sebagainya. Anda juga tidak harus mengeluarkan uang untuk makan siang dan bisa memasak sendiri di rumah. Kondisi bekerja yang seperti ini tentu saja bisa menghemat pengeluaran harian Anda dan jadi peluang bagi Anda yang idamkan menaruh uang lebih untuk tabungan. Namun, harus diingat jangan hingga bekerja remote jadi mengakibatkan Anda boros dikarenakan sangat sering bekerja di café ya.

4. Menjadi Lebih Produktif dan Tidak Mudah Jenuh

Bekerja secara remote juga bakal mengakibatkan Anda sangat fokus kepada proyek yang tengah dikerjakan. Sebab kadang-kadang waktu kami bekerja di pada kolega yang lain di kantor, kami bisa terganggu akibat lebih dari satu hal yang bakal menyebabkan kerusakan konsentrasi bekerja. Misalnya seperti nada musik, kolega yang mengobrol sangat kencang, atau lainnya.

Kebebasan Anda untuk bekerja di mana saja selama tersedia laptop dan koneksi internet pastinya bakal mengakibatkan kerja lebih nyaman dan tidak membosankan. Anda bisa bekerja di café, rumah, atau apalagi co-working space untuk meraih situasi baru yang lebih tenang dan menyenangkan.

Kekurangan Remote Working

1. Kurang Bersosialisasi dengan Karyawan Lain

Hal ini tentu bakal Anda rasakan waktu bekerja remote. Pertemuan dengan karyawan lain jadi sangat tidak cukup dan interaksi pun terbatas cuma seputar pekerjaan saja. Ini juga bakal mengakibatkan Anda tidak cukup mengetahui kolega lainnya secara personal. Padahal, keseimbangan pada pekerjaan dan kehidupan sosial juga sangat penting, lho.

2. Ada Peluang Miskomunikasi

Kurangnya bersosialisasi dan berkomunikasi dengan kolega juga bisa mengakibatkan terjadinya miskomunikasi. Informasi tertentu bakal lebih efisien terkecuali disampaikan secara segera dibandingkan melalui perantara teknologi. Itulah alasannya mengapa meeting selalu dibutuhkan, biarpun Anda bekerja remote.

3. Lebih Banyak Godaan

Bekerja sendiri tanpa adanya pengawasan segera dari atasan pastinya bakal beri tambahan banyak godaan waktu tengah lakukan pekerjaan. Apalagi Anda juga jadi lebih ringan mengakses banyak ragam hiburan, seperti nonton TV, browsing internet, atau hangout di mall hingga berjam-jam. Hal ini tentu bakal jadi halangan untuk Anda menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Untuk itu, Anda harus bisa mengendalikan diri dengan baik supaya pekerjaan tidak terbengkalai.

Baca Juga :