Hakikat Pendidikan Multikultural Dan Teori Pendidikannya

Hakikat Pendidikan Multikultural Dan Teori Pendidikannya

Hakikat Pendidikan Multikultural Dan Teori Pendidikannya

 

Hakikat Pendidikan Multikultural Dan Teori Pendidikannya

Pendidikan multikultural

Pendidikan multikultural adalah suatu sikap dalam memandang keunikan manusia dengan tanpa membedakan ras, budaya, jenis kelamin, seks, kondisi jasmaniah atau status ekonomi seseorang. Pendidikan multikultural (multicultural education) merupakan strategi pendidikan yang memanfaatkan keberagaman latar belakang kebudayaan dari para peserta didik sebagai salah satu kekuatan untuk membentuk sikap multikultural. Strategi ini sangat bermanfaat, sekurang-kurangnya bagi sekolah sebagai lembaga pendidikan dapat membentuk pemahaman bersama atas konsep kebudayaan, perbedaan budaya, keseimbangan, dan demokrasi dalam arti yang luas.

Pembelajaran berbasis multikultural

Pembelajaran berbasis multikultural berusaha memberdayakan siswa untuk mengembangkan rasa hormat kepada orang yang berbeda budaya, memberi kesempatan untuk bekerja bersama dengan orang atau kelompok orang yang berbeda etnis atau rasnya secara langsung. Salah satu tujuannya yaitu: untuk membantu peserta didik dalam membangun ketergantungan lintas budaya dan memberi gambaran positif kepada mereka mengenai perbedaan kelompok.

multikultural sangatlah penting

Pendidikan multikultural sangatlah penting manfaatnya bagi siswa, karena selain untuk membantu siswa dalam membangun perlakuan yang positif terhadap perbedaan kultural, ras, etnik, kelompok keagamaan, pendidikan multikultural juga memberikan ketahanan siswa dengan cara mengajar mereka dalam mengambil keputusan dan keterampilan sosialnya. Maka dari itu peran pemerintah untuk menfasilitasi pendidikan multikultural sangat diharapkan agar tercipta keharmonisan dan kesejahteraan dalam kehidupan berkebangsaan yang heterogen dan majemuk.

Artikel terkait :