Camat dan Lurah Peraih PBB-P2 Tertinggi Sabet Penghargaan

Camat dan Lurah Peraih PBB-P2 Tertinggi Sabet Penghargaan

 

Camat dan Lurah Peraih PBB-P2 Tertinggi Sabet Penghargaan

Musyawarah Perencanaan Pembangunan

Sebelum pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Bogor Timur tahun 2018, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor menyerahkan penghargaan (reward) kepada kelurahan dan kecamatan di Kota Bogor yang telah berkontribusi memenuhi capaian pajak daerah, khususnya Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Tahun 2017.

Di tahun 2017 pajak daerah menyumbang 61 persen dari total lebih Rp. 901 miliar Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bogor, yakni sebesar Rp. 111 miliar yang berasal dari PBB P2. Penyerahan penghargaan tersebut diberikan Wali Kota Bogor Bima Arya didampingi Kepala Bapenda Kota Bogor Daud Nedo Darenoh kepada Camat dan Lurah di Aula Kecamatan Bogor Timur, Senin (29/01/2018).

Kepala Bapenda Kota Bogor Daud Nedo Darenoh

Kepala Bapenda Kota Bogor Daud Nedo Darenoh mengatakan, pemberian reward ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan apresiasi langsung kepada masyarakat serta wajib pajak di Kota Bogor sekaligus bentuk sosialisasi. Selain itu juga sebagai salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dalam meningkatkan partisipasi warga dalam pembangunan melalui pembayaran pajak.“Dengan perannya, pajak dapat meningkatkan PAD yang dalam struktur APBD Kota Bogor dari tahun ke tahun terus meningkat,” kata Daud.

Daud menerangkan

Untuk penilaian penyerahan reward tahun 2017 ini memiliki kriteria dimana awalnya berdasarkan realisasi rupiah dan SPPT berdasarkan potensi murni serta realisasi rupiah. Sementara di tahun 2018 penilaian kriteria ditambah dengan persentase peningkatan realisasi dari tahun sebelumnya.

“Penilaian ini merupakan bentuk apresiasi atas upaya dan inovasi bersama unsur wilayah yang porsi penilaiannya cukup dominan, yakni 57 persen dari semua unsur yang dinilai. Semoga kedepan aparatur di wilayah bisa lebih baik, lebih patuh dan lebih berperan dalam realisasi PBB P2,” harapnya.

Wilayah yang mendapatkan penghargaan diantaranya

Kecamatan Bogor Tengah sebagai kecamatan dengan capaian PBB P2 terbaik 1 se-Kota Bogor dan diikuti Kecamatan Bogor Barat dengan capaian PBB P2 terbaik 2. Untuk penghargaan tingkat kelurahan, capaian terbaik PBB P2 terbaik se-Kota Bogor diraih Kelurahan Gunung Batu.

Sementara untuk penghargaan yang diberikan kepada kelurahan di masing-masing kecamatan dengan capaian tertinggi diberikan kepada Kelurahan Ciparigi dan Kelurahan Cibuluh sebagai peringkat pertama dan kedua di Kecamatan Bogor Utara, Kelurahan Sukasari dan Kelurahan Sindangrasa dari Kecamatan Bogor Timur, Kelurahan Lawang Gintung dan Kelurahan Kertamaya untuk Kecamatan Bogor Selatan. Sementara itu Kelurahan Gunung Batu dan Kelurahan Pasir jaya untuk Kecamatan Bogor Barat.

Kelurahan Pabaton

Kelurahan Pabaton dan Kelurahan Babakan Pasar untuk Kecamatan Bogor Tengah serta untuk Kecamatan Tanah Sareal penghargaan diberikan kepada Kelurahan Tanah Sareal dan Kelurahan Kebon Pedes.

Sumber : https://www.ayoksinau.com/