Bintik Gen Mungkin Membuat Anda Terlihat Lebih Tua

Bintik Gen Mungkin Membuat Anda Terlihat Lebih Tua

Ilmuwan mengatakan variasi genetik tertentu bisa menambah 2 tahun ke wajah Anda.

Variasi pada gen tertentu dapat membantu menjelaskan mengapa beberapa orang tampak lebih muda daripada yang lain, kata periset.

Gen, yang dikenal sebagai MC1R, sudah terkenal karena mempengaruhi warna kulit dan rambut. Varian MC1R tertentu lebih sering terjadi pada orang dengan rambut merah, kulit pucat dan bintik-bintik, kata periset.

Sekarang, sebuah studi baru menunjukkan varian yang sama mempengaruhi “usia yang dirasakan” – yaitu, seberapa tua Anda terlihat pada orang lain.

Para periset menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua yang membawa varian “risiko” MC1R biasanya terlihat dua tahun lebih tua dari teman sebayanya yang tidak membawa varian tersebut. Dan hubungannya tidak tergantung pada warna kulit mereka atau apakah mereka mengalami kerusakan akibat sinar matahari – seperti bintik hitam atau keriput.

Sebagai gantinya, varian gen dikaitkan dengan tanda-tanda penuaan selain keriput, kata Dr. Orit Markowitz. Dia adalah direktur dari lesi pigmen dan program kanker kulit di Mount Sinai Hospital di New York City.

Orang mungkin berpikir keriput adalah tanda penuaan, tapi perubahan pada “bentuk wajah” – seperti garis rahang yang kendur – penting juga, kata Markowitz, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Dia menyebut temuan itu “sangat menarik,” dan mengatakan bahwa mereka berpotensi menunjuk pada satu bagian “air mancur pemuda” biologis.

Tentu saja, kata David Gunn, salah satu peneliti dalam penelitian ini, tidak ada gen kemudaan tunggal, dan banyak faktor yang mempengaruhi penampilan Anda berubah seiring bertambahnya usia – termasuk gen dan gaya hidup.

“Gen varian satu ini hanya memiliki efek kecil pada penuaan wajah secara keseluruhan,” kata Gunn. Dia adalah ilmuwan senior di Unilever, perusahaan barang konsumen yang berbasis di Inggris dan Belanda.

“Saya akan mendorong orang untuk fokus pada gaya hidup mereka daripada mengkhawatirkan gen mereka,” kata Gunn. Langkah-langkah gaya hidup tersebut tidak termasuk merokok, menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan dan makan makanan yang sehat, katanya.

Meski begitu, Gunn mengatakan, memahami “rahasia” biologis dari orang-orang yang terlihat muda bisa mengarah pada “cara inovatif” untuk membantu memperlambat proses penuaan wajah.

Untuk studi tersebut, tim Gunn menyisir genom (DNA lengkap) dari hampir 2.700 orang dewasa Belanda yang lebih tua, mencari varian genetik yang terkait dengan usia yang dirasakan orang. Sekelompok “penilai” menilai usia setiap orang berdasarkan gambar wajah digital.

Ternyata orang yang membawa dua salinan varian “risiko” MC1R rata-rata berusia dua tahun lebih tua dari orang-orang seusianya yang tidak membawa varian tersebut.

Karena varian yang sama itu biasa terjadi pada orang dengan kulit yang cantik, sepertinya penjelasannya akan terbaring di sana, menurut Gunn. Kulit pucat lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan tanda penuaan akibatnya.

Tapi, timnya menemukan varian MC1R terkait dengan penuaan wajah lebih cepat terlepas dari warna kulit atau bukti kerusakan akibat sinar matahari.

Gunn menjelaskan bahwa meski variannya umum di antara orang-orang dengan kulit yang cantik, orang dengan corak yang lebih gelap juga bisa mengangkutnya.

Plus, mutasi gen terutama terkait dengan tanda-tanda penuaan selain keriput – seperti bibir yang menipis dan kulit kendur di sepanjang rahang.

“Ini menunjukkan gen tersebut mempengaruhi penuaan wajah melalui beberapa rute yang tidak diketahui,” kata Gunn.

Gen MC1R terkait dengan proses biologis lainnya, termasuk perbaikan kerusakan DNA, Gunn menunjukkan. Tapi tidak jelas apakah itu menjelaskan hubungan gen dengan penuaan wajah , katanya.

Karena peserta penelitian adalah semua orang dewasa kulit putih yang lebih tua, tidak ada yang tahu apakah temuan genetiknya sama pada kelompok ras lain atau pada orang muda.

Gunn berspekulasi bahwa seorang berusia 40 tahun yang membawa varian “risiko” mungkin terlihat sedikit lebih tua, tapi mungkin tidak sampai dua tahun.

Baca Juga: