Bahan Penyedap

Table of Contents

Bahan Penyedap

Bahan Penyedap adalah bahan tambahan makanan yang mengimbuhkan rasa terhadap bahan tertentu, supaya suatu makanan sanggup bertambah asam, manis, asin dan sebagainya. Umumnya penyedap rasa diberikan kepada makanan yang tidak atau kurang miliki rasa, layaknya agar-agar, masakan berkuah dan lain-lain. supaya disukai konsumen.

1. Penyedap alami
Bahan penyedap alami yang kerap digunakan untuk menimbulkan rasa gurih terhadap makanan antara lain santan kelapa, susu sapi, dan kacang-kacangan. Selain itu termasuk bahan penyedap lainnya yang sanggup digunakan sebagai bumbu masakan, antara lain ketumbar, lengkuas, cabai, kayu manis, dan pala.

2. Penyedap buatan (Sintetis)
Penyedap buatan / kerap disebut pemberi aroma adalah zat yang mengimbuhkan aroma spesifik terhadap makanan. Pemberi aroma yang berbentuk senyawa sintetis disebut essen. https://materisekolah.co.id/contoh-teks-eksplanasi-pengertian-ciri-struktur-kaidah-kebahasaan-dan-contoh-lengkap/

Penyedap rasa yang banyak digunakan adalah MSG (Monosodium Glutamate) atau lebih terkenal dengan nama vetsin dengan beragam brand dagang dipasar. Penggunaan MSG yang berlebihan telah sebabkan “Chinese Restaurant Syndrome” yaitu suatu problem kebugaran yang ditandai dengan timbul rasa, haus, mual, pegal-pegal terhadap tengkuk, sesak nafas, sakit dada, dan kepala pusing.

Baca Juga :