7 Tips Sukses Menjadi Guru PL

7 Tips Sukses Menjadi Guru PL

7 Tips Sukses Menjadi Guru PL

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan tidak benar satu program perkuliahan mahasiswa kependidikan di Universitas. Mahasiswa diturunkan ke sekolah/madrasah untuk menerapkan pengetahuan yang didapat sekaligus mencari pengalaman baru di sekolah.

7 Tips Sukses Menjadi Guru PL

Pengalaman yang didapat sepanjang merintis PPL bakal jadi bekal berharga bagi mahasiswa untuk jadi guru yang sesungguhnya kelak di kemudian hari..

PPL terwujud di dalam bentuk kegiatan mengajar di sekolah. Mahasiswa mendapat bimbingan langsung di dalam melakukan program PPL tersebut. Jika di Universitas dibimbing oleh Dosen Pembimbing maka di sekolah bakal dibimbing oleh seorang guru yang mengampu mata pelajaran, yang dikenal dengan guru pamong.

Bagaimana usaha untuk jadi seorang guru PL yang sukses? Nah, berikut ini disajikan sebagian poin mutlak dan uraiannya di dalam bentuk Tips jadi guru PL yang sukses.

1.Pelajari keadaan dan keadaan sekolah

Sebelum turun mengajar di sekolah, guru PL perlu mempelajari bagaimana keadaan dan keadaan sekolah melalui survey awal. Hal ini perihal dengan tenaga pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik dan lingkungan fisik sekolah.

2.Siapkan perangkat pembelajaran

Siapkan segala perangkat pembelajaran yang diperlukan untuk mengajar, seperti program tahunan, program semester, silabus pelajaran, rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lain sebagainya.

Untuk keperluan ini, guru PL bisa berkonsultasi dengan guru pamong mengenai jenis perangkat pembelajaran yang digunakan di sekolah. Bagi yang sudah membawa dampak perangkat mengajar ini bisa menyesuaikannya dengan perangkat pembelajaran yang digunakan di sekolah tersebut.

3.Menguasai materi yang bakal diajarkan

Kuasai materi pelajaran dengan baik. Menguasai materi pelajaran bukan cuma sekadar menghafal materi pelajaran yang bakal diajarkan kepada siswa. Kuasai materi pelajaran maksudnya sadar segala konsep, fakta, fenomena yang terkandung di dalam materi pelajaran.

Menguasai materi yang bakal diajarkan kepada siswa terhitung kunci mutlak di dalam keberhasilan mengajar di area kelas.

4.Pelajari cara dan model mengajar

Cara dan model mengajar seseorang bakal berbeda. Oleh sebab itu sebagai guru PL tak perlu ragu dengan cara dan model mengajar yang sudah dimiliki. Cara dan model mengajar ini bakal pilih keberhasilan guru PL di dalam menguasai kelas.

5.Menguasai kelas

Pekerjaan terberat bagi seorang guru di area kelas adalah menguasai kelas dengan baik. Tidak cuma guru PL yang mengalami ada masalah di dalam mengelola kelas, guru yang sudah senior sama sekali tak luput berasal dari problem ini.

Sebuah kelas diiisi oleh murid yang heterogen dengan karakter dan kekuatan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu yang perlu dikerjakan adalah mengatur siasat dan metode mengajar dengan karakter dan kekuatan peserta didik.

6.Beraudiensi dengan siswa maupun guru

Hal ini bisa dikerjakan di luar jam mengajar. Seringlah beraudiensi dengan siswa saat jam istirahat maupun saat berlangsungnya kegiatan ekstrakurikuler. Yang terakhir ini paling efektif untuk sadar karakter dan kekuatan siswa.

Audiensi dengan siswa bakal mendekatkan diri siswa dengan guru PL sehingga siswa bisa sadar guru PL dan ikuti pelajaran dengan baik.

Audiensi dengan guru di sekolah berfungsi untuk saling berbagi mengenai pengalaman mengajar. Tidak cuma dengan guru pamong melainkan seluruh guru yang ada di sekolah.

7.Ingatlah, mengajar itu menyenangkan!

Mengajar murid yang mungkin usianya tak jauh terpaut dengan guru PL bakal mendapatkan rintangan dan kendala. Bila guru PL sudah menerapkan poin-poin di atas, insyaallah mengajar itu jadi pekerjaaan yang menyenangkan.

Bukan mustahil, guru PL idamkan mengajar selama-lamanya di tempat PL. Begitu menyenangkan jadi seorang guru meskiiipun penuh dengan tantangan dan rintangan di dalam mengajar.